• Geofisika Turunkan Tim Amati Gerhana Di Mukomuko

    0

        Bengkulu, jurnalsumatra.com – Stasiun Geofisika Padang Panjang, Sumatera Barat, menurunkan tim pemantau khusus untuk mengamati Gerhana Matahari Total yang diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, pada 9 Maret 2016.
    Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono yang dihubungi dari Bengkulu, Jumat, mengatakan tim yang terdiri dari lima orang itu akan berangkat menuju Kabupaten Mukomuko pada 7 Maret 2016 dan selanjutnya akan mulai melakukan aktivitasnya hingga gerhana matahari selesai.
    Anggota tim tersebut adalah Rahmat Triyono (Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang), Buha M Simanjuntak (Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang), Dedi Hermanto, Rachmad Billyanto dan Fitri Anggraini (Observer Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang).
    Rahmat yang juga merupakan Koordinator BMKG Sumatera Barat mengatakan gerhana matahari total yang akan terjadi di Kabupaten Mukomuko memiliki magnitudo 1,012 yang artinya matahari nyaris sempurna tertutup bulan.
    Dia mengatakan di Provinsi Bengkulu sebenarnya terdapat dua lokasi yang terlewati jalur totalitas gerhana, yaitu Kabupaten Mukomuko, dengan magnitudo gerhana sebesar 1,008 dan Muara Aman di Kabupaten Lebong, dengan magnitudo sebesar 1,006.
    Durasi totalitas di masing-masing lokasi tersebut adalah satu menit lebih 43,0 detik dan satu menit lebih 29,9 detik.
    Sementara itu, di daerah-daerah lainnya di Bengkulu hanya mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 1,000 sebelah Selatan Muara Aman hingga 0,930 di Bengkulu bagian Selatan.
    Secara umum totalitas gerhana ini akan melewati 45 kota dan kabupaten di 12 provinsi di Indonesia, yaitu Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Jambi bagian selatan, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com