• Eks Gafatar Sumsel Telah Datang

    0
    Dinsos Sumsel Distribusikan Bantuan

    Dinsos Sumsel Distribusikan Bantuan

    PALEMBANG, Jurnal Sumatra – Sebanyak 40 orang eks Gerkan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Sumsel tiba di Asrama Haji Palembang Selasa(9/2/2016). Menumpang bus Arya Prima rombongan ini sempat tidak mau turun tapi setelah dibujuk akhirnya beriringan masuk ke Gedung Salwah Asrama haji Palembang. Seluruh eks Gafatar di tampung di Asrama Haji Palembang, KM 9. Dari total 40 orang sebanyak 9 orang merupakan warga Banyuasin dan OKU Timur.

    Plt Kadinsos Sumsel, Belman Karmuda mengatakan, mereka terdiri berasal dari Kabupaten Banyuasin Lima orang, lima orang, empat orang dari Ogan Komering Ulu Timur dan sisanya dari Palembang.” Karena malu di ambil gambar jadi tidak mau turun, “terang Belman.

    “Semuanya warga Sumsel, lima orang dari Banyuasin dan empat orang dari OKU Timur selebihnya warga Palembang,” kata Kadinsos Sumsel, Belman Karmuda. Warga Eks Gafatar asal dua daerah tersebut sudah diketahui oleh pemerintah setempat dan bakal segera dibawa pulang ke daerah masing-masing

    Rencananya untuk sementara mereka di tampung di Asrama Haji agar memperoleh pelayanan kesehatan dan spiritual. Khususnya anak-anak yang ada sembilan orang akan di cek kesehayannya apalagi saat ini rawan DBD.

    Selanjutnya pihak Dinsos sudah berkoordinasi dengan Dinsos kabupaten /kota untuk menjemput mereka. Sebenarnya proses pemulangan ini cukup lama karena merwka sempat tidak mau pulang akibat malu dan beranggapan tidak lagi diterima keluarganya. Tapi dengan berbagai cara akhirnya bosa berhasil.

    Jadi total yang dipulangkan 50 orang, tidak ada lagi warga Sumsel yang masih tinggal di penampungan. Mudah-mudahan ini penjemputan yang terakhir. Dari pantauan koran ini bwgitu masuk asrama semua anggota eks Gafatar langsung masuk ke kamar masing-masing tanpa mengucap satu katapun.

    Sementara tumpukan puluhan karung berisi pakaian para anggota eks Gafatar juga diangkut ke asrama haji. Untuk pengamanan pihaknya mengerahkan personil dari satpol PP dan kepolisian yang akan berjaga stanby 24 jam.

    Kepala Bidang Jaminan Sosial Dinsos Banyuasin, Ahmad Ridwan menambahkan, pihaknya akan menerima ekas anggota Gafatar dari daerahnya dan langsung di serahkan kepafa pihak keluarga. Ke lima orang tersebut berasal dari Kecamatan Muara Telang dan Desa Upang Makmur.” Tentunya setelah ini akan diberikan pembinaan agar tidak kembali lagi menjado anggota Gafatar, harapnya.

    Pastinya ini ada bimbingan yang diberikan oleh instansi terkait dan secepatnya melakukan koordinasi. Kalau dilihat dari kondisi fisik mereka semua sehatdan 80 perden pekerjaan mereka adalah petani.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com