• DPRD : Kalsel Perlu Tingkatkan Pemberdayaan Sumber Kelautan

    0

         Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Ketua komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kalimantan Selatan Suwardi Sarlan berpendapat, provinsinya perlu meningkatkan pemberdayaan sumber daya kelautan.
    Sebagaimana halnya di Bali, mereka terus berupaya meningkatkan pemberdayaan sumber daya keluatan, ungkapnya menjawab Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Kamis.
    “Masyarakat nelayan di ‘Pulau Dewata’ Bali itu selain mengembangkan budaya tangkap, juga rumput laut yang tampaknya cukup baik,” lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V yang meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong tersebut.
    Pendapat politisi muda Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu sesudah Komisi II DPRD Kalsel bersama Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi setempat studi komparasi dari “Pulau Dewata” tersebut pekan lalu.
    Pasalnya, menurut wakil rakyat asal HSU yang merupakan daerah perikanan air tawar itu, meningkatkan pemberdayaan sumber daya keluatan bukan saja untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, tapi juga bidang kemaritiman.
    “Jadi wajar kalau kita terus berupaya meningkatkan pemberdayan sumber daya kelautan. Apalagi Kalsel juga memilik sumber daya keluatan yang cukup potensial,” ujar wakil rakyat yang bergelar sarjana agama itu.
    Sebagai contoh di wilayah timur Kalsel, seperti Kabupaten Tanah Laut (Tala), Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru memiliki kawasan pantai yang panjang dan luas hingga ke Laut Jawa (Laut Indonesia) dan Laut Sulawesi serta Selat Makassar.
    Kawasan timur Kalsel tersebut bukan cuma kaya dengan perikanan, tapi juga sumber daya kelautan lain, seperti usaha budi daya rumput laut, lanjut mantan Ketua Komisi IV bidang kesra DPRD provinsi tersebut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com