• DKP Jambi Kembangkan Benih Ikan Arwana Silver

    0

         Jambi, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi mengembangkan benih ikan Arwana Silver Jambi (scleropedes formosus) sebagai upaya melestarikan ikan hias tersebut yang habitatnya terancam punah.
    “Untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan spesies ikan arwana silver Jambi ini, kami berhasil membudidayakan benihnya dan saat ini sudah ada sekitar 157 ekor induk,” kata Kepala DKP Jambi Saifuddin di Jambi, Rabu.

         Dia mengatakan, spesies ikan arwana silver Jambi yang merupakan ikan hias endemik asli Provinsi Jambi tersebut saat ini sudah sangat sulit dijumpai di alam, karena sejumlah kondisi sungai Batanghari dan anak sungai sudah  tidak memungkinkan lagi untuk berkembangnya habibat ikan tersebut.
    “Dalam budidaya tersebut setiap satu tahun sekali bisa tiga kali bertelur, tapi produktifitasnya tidak banyak. Namun kita akan terus lakukan pemijahan, sehingga ke depan spesies ikan hias ini tidak tergantung lagi kepada alam,” katanya.

         Ikan arwana silver Jambi tersebut berbeda dengan ikan arwana Kalimantan yang berwarna merah, ikan arwana Jambi tersebut lebih dikenal dengan nama “golden pino silver”.
    “Yang membedakan adalah dari segi warna, ikan arwana Jambi berwana silver, sehingga dipasaran namanya lebih dikenal dengan ‘golden pino silver’,” katanya.
    Untuk memperkenalkan ikan arwana Jambi kepada masyarakat lokal, ke depan pihaknya akan berencana memasarkan kepada masyarakat secara perlahan sehingga masyarakat lebih mengenal jika Provinsi Jambi mempunyai habibat endemik asli.

         “Kalau pasar sudah ada, cuma untuk mendapatkan induk itu yang susah, sehingga kami kembangkan dulu sambil menunggu banyak dan tahun ini kita mulai menjual ke masyarakat,” katanya.
    Satu ekor ikan hias arwana silver jambi yang telah berumur tiga bulan ini katanya berharga sekitar Rp120 ribu. Dan yang dijual masih anakan karena yang sudah besar dikembangkan menjadi induk.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com