• Ditjen Keimigrasian Proses TKA Ilegal

    0

    Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Direktorat Jenderal Keimigrasian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan memproses setiap tenaga kerja asing (TKA) ilegal.
    Ketua Panitia Khusus (Pansus) PT CONCH Kalimantan Selatan (Kalsel) Masrur Auf Ja’far, di Banjarmasin, Kamis, mengatakan sesudah berkonsultasi dengan pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Keimigrasian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) di Jakarta.
    Konsultasi Pansus PT CONCH bentukan DPRD Kalsel ke Ditjen Keimigrasian itu sehubungan permasalahan TKA yang belum terselesaikan secara tuntas pada perusahaan pabrik semen di kabupaten paling utara provinsi tersebut.
    Politisi muda Partai Demokrat bergelar sarjana hukum dan magister kenotariatan itu mengungkapkan, pihak Ditjen Keimigrasian mengapresiasi atas kerja Pansus PT CONCH dan DPRD Kalsel terkait permasalahan TKA di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini.
    “Selain mendukung, mereka (pihak Ditjen Keimigrasian) juga menyatakan akan bersinergi dengan Pansus PT CONCH dalam penanganan TKA. Apalagi kalau TKA itu ilegal atau tanpa dokumen yang sah sesuai perundang-undangan,” tuturnya menjawab Antara Kalsel.
    “Karena keberadaan TKA itu harus mendatangkan manfaat bagi daerah dimana orang asing tersebut bekerja, bukan sebaliknya menimbulkan masalah,” lanjutnya mengutip pernyataan pejabat dari Ditjen Keimigrasian.
    Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu menerangkan, persoalan PT CONCH yang menggunakan fasilitas penanaman modal asing (PMA) tersebut bukan cuma masalah TKA, tapi juga mencakup sektor lain.
    Sebagai contoh masalah bahan baku untuk pabrik semen berupa hasil tambang, serta berkaitan dengan infrastruktur/prasarana perhubungan seperti mengangkut produk yang melampaui daya beban jalan raya/jalan umum.
    “Jadi persoalan perusahaan yang menggunakan fasilitas PMA dari negeri ‘tirai bambu’ Cina itu berhubungan dengan sektor perindustrian dan perdagangan, perhubungan, pertambangan dan energi, serta ke-PU-an atau kebinamargaan,” demikian Masrur Auf.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com