• Distanhut Ternate Programkan Benahi Kawasan Hutan Lindung

    0

         Ternate, jurnalsumatra.com – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kota Ternate, Maluku Utara, memprogramkan pembenahan kawasan hutan lindung untuk menjaga fungsi pokok sebagai sistem penyangga.
    “Hutan lindung berdasarkan tata guna hutan kesepakatan 2.300 hektare dari luasannya sesuai SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ,” kata Kepala Seksi Pelestarian dan Konservasi hutan, Ibrahim Tuheteru di Ternate, Sabtu.

        Kawasan lindung ini tersebar hampir keseluruh Kota Ternate. Kawasan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah instrusi air laut dan memelihara kesuburan tanah.
    Dia menjelaskan, pemerintah akan menjaga dan mengupayakan agar fungsinya bisa tetap terjaga supaya manfaatnya itu bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar.

    Apalagi, hutan lindung yang ada di kota Ternate ini beberapa kali terjadi bencana kebakaran yang menyebabkan kerusakan.
    Kebakaran pada 2015 yang terjadi di Tubo itu sudah hampir 100 hektare, belum ditambah di Moya dan Markrubu mencapai 80 hektare  lebih.
    Karena itu, sedang diprogramkan mengembalikan fungsi hutan lindung sebagaimana mestinya dengan dengan cara menanam kembali di kawasan hutan lindung yang mengalami kerusakan.

    “Kami akan melakukan kegiatan reboisasi di kelurahan yang mengalami kebakaran hutan pada 2016, sebab dampaknya besar. kita harus merehabilitasi hutan,” ujar Ibrahim.
    Pertimbangannya, di sejumlah kawasan ternyata air yang dikonsumsikan sudah tercampur dengan air laut.    “Kami mengharapkan masyarakat agar bagaimana dapat menjaga eksistensi dari hutan lindung itu. Proses menjaganya adalah dengan tidak menebang pohon. Penebangan satu pohon saja itu dapat menimbulkan efek pada kehidupan bermasyarakat,” kata Ibrahim.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com