• DISPERINDAGKOP Malinau Dorong Pemdes Gelar Razia Pasar

    0

    Malinau, jurnalsumatra. com- Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara mendorong pemerintah desa melakukan pengawasan dengan menggelar razia pasar.
    Kepala Disperindagkop Kabupaten Malinau, Maksum di Malinau melalui siaran persnya, Jumat mengatakan, pihaknya telah memberikan kewenangan kepada pemerintahan desa untuk melakukan hal itu sebagai bentuk dari pengawasan pasar.
    “Pengawasan terhadap pasar saat ini bukan hanya menjadi kewenangan Disperindagkop (Malinau) tetapi juga telah menjadi kewenangan pemerintahan desa sesuai pelimpahan kewenangan tersebut sejak beberapa tahun lalu,” terang dia.
    Bentuk pengawasan yang dapat dilakukan berupa operasi atau sidak pasar, pertokoan, warung makan dan lain-lainnya di wilayah desa masing-masing baik secara langsung maupun bersama-sama dengan Disperindagkop sebagai pendamping dan instansi lain jika dibutuhkan.
    “Jika pemerintahan desa mendapatkan keluhan masyarakat terkait dengan kenaikan harga yang tak terkontrol atau isu makanan/barang berbahaya, pemerintah desa setempat bisa melakukan operasi lebih dulu dan kemudian mengkoordinasikannya dengan pemerintah daerah,” ujar Maksum.
    Langkah yang dilakukan Disperindagkop Kabupaten Malinau ini bertujuan untuk mengefektifkan, mengintesifkan dan lebih cepat mengatasi persoalan-persoalan pasar yang berpotensi merugikan atau memberatkan konsumen.
    “Kita mengupayakan adanya pencegahan dengan dini berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang merugikan konsumen makanya pemerintahan desa dilibatkan secara langsung melakukan pengawasan dan operasi pasar,” tegasnya.
    Maksum juga mengharapkan, pemerintahan desa diberikan kewenangan mengawasi dan operasi pasar tersebut untuk mencegah penimbunan, kecurangan-kecurangan atau kegiatan lainnya yang merugikan masyarakat kecuali persoalan yang timbul akibat mekanisme pasar, seperti kenaikan harga yang ditimbulkan akibat kelangkaan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com