• Disdukcapil Palu Imbau Masyarakat Urus Identitas Anak

    0

    Palu, jurnalsumatra.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengimbau kepada masyarakat di daerah tersebut untuk segera mengurus kartu identitas anak.
    Kepala Disdukcapil Kota Palu, Burham Thoampo, mengemukakan pemerintah pusat telah mewajibkan agar anak usia 17 tahun ke bawa harus memiliki identitas.
    “Anak usia 17 tahun ke bawah harus memiliki identitas tersendiri, untuk kepentingan urusan administrasinya saat berurusan di lembaga pemerintahan maupun non-pemerintahan,” ungkap Burhan Thoampo, di Palu, Jumat.
    Burhan menjelaskan kartu identitas anak yang wajib dimiliki oleh anak berfungsi untuk memudahkan anak dalam mengurus administrasinya di setiap lembaga pemerintahan yang ada di daerah, maupun lembaga non-pemerintah.
    Misalkan, kata dia, untuk keperluan pembukaan tabungan anak di bank swasta maupun bank milik pemerintah, dengan kartu identitas anak, anak tidak perlu lagi untuk menabung dengan menggunakan buku tabungan orang tua atau keluarga dekatnya.
    Hal itu, sebut dia, juga bertujuan membiasakan atau melatih anak untuk bersikap mandiri dalam mengurusi sesuatu yang menyangkut administrasi di lembaga pemerintahan atau non-pemerintahan.
    “Banyak manfaat yang diberikan dengan adanya kartu identitas anak, hal itu sebenarnya untuk memudahkan kepentingan anak dalam mengurus segal hal yang berkaitan dengan administrasi,” sebutnya.
    Disisi lain, sebut dia, kartu identitas anak bertujuan untuk memudahkan pemerintah mengontrol jumlah warga yang ada di daerah tersebut, dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
    Namun saat ini belum ada anggota masyarakat yang mendatangi pihaknya untuk mengurusi identitas anak. Hal itu juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain belum adanya format online pendaftaran identitas anak, serta administrasi lainnya untuk pendaftaran tersebut, serta adanya aparatur yang menangani hal tersebut.
    Namun demikian, kata dia, dalam waktu dekat segala bentuk administrasi baik yang berbasis kertas atau online telah disediakan oleh pihaknya dalam pengurusan identitas anak.
    “Untuk melayani secara maksimal, maka kami perlu menyiapkan beberapa hal menyangkut pengurusan identitas anak. Olehnya dalam waktu dekat pengurusan tersebut akan dapat diterimah oleh Dukcapil,” katanya.
    Lebih lanjut dia mengatakan pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat di delapan kecamatan di Kota Palu, agar masyarakat dapat mengetahui maksud dan tujuan kartu identitas anak.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com