• DISBUDPAR Prediksi Kekurangan Kamar Hotel Untuk MTQ

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram H Abdul Latif Nadjib memprediksi Kota Mataram akan kekurangan kamar hotel saat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 yang direncanakan 29 Juli 2016 di kota ini.
    “Jika kita melihat tamu yang akan datang sekitar 15.000 orang, kita yakin Mataram akan kekurangan kamar hotel,” katanya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin.
    Keyakinannya itu berdasarkan jumlah hotel dan kamar di Kota Mataram yang sangat terbatas. Dimana, saat ini Kota Mataram memiliki hotel di atas 100 unit dari hotel berbintang, melati termasuk “home stay”, dengan jumlah  kamar di bawah 6.000 unit.
    Sementara tamu yang akan datang saat kegiatan MTQ ke-26 yang dipusatkan di Islamic Center, diprediksi lebih dari 15.000 hingga 16.000 orang dari seluruh kabupaten/kota se-Indonesia.
    “Karena itu, meskipun MTQ baru akan berlangsung akhir Juli mendatang, tetapi rata-rata hotel sudah tutup pemesanan untuk waktu itu, bahkan hotel yang baru buka sekalipun,” sebutnya.
    Terkait dengan itu, untuk menyukseskan acara tersebut peran serta masyarakat terutama di masyarakat yang ada disekitar Islamic Center dalam hal ini masyarakat Kelurahan Dasan Agung diminta untuk bersiap-siap.
    Pasalnya, tidak menutup kemungkinan para tamu yang tidak mendapatkan kamar hotel akan mencari rumah warga sebagai penginapan alternatif.
    “Oleh sebab itu, warga Dasan Agung yang saat ini merasa memiliki kamar tidur yang lebih, atau ruang tamu yang luas dapat segera mempersiapkan diri,” ujarnya.
    Mempersiapkan diri dalam hal ini, salah satunya melakukan renovasi terhadap fasilitas rumah terutama MCK (mandi, cuci, kakus), agar bisa dimanfaatkan para tamu MTQ ke-26 yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
    Di sisi lain, lanjut pria yang kerap disapa Latif ini, warga Dasan Agung juga bisa membuka usaha kuliner, aksesori khas Kota Mataram dan lainnya.
    “Insha Allah, apapun yang akan dijual saat MTQ nanti, pasti akan laris manis, karena tamu-tamu pasti akan mencari dagang yang dekat dari lokasi acara,” katanya.
    Untuk menyukseskan acara berskala nasional itu, Latif telah melakukan komunikasi dengan 15 kepala lingkungan di Kelurahan Dasan Agung agar mengajak warganya untuk mempersiapkan diri menyamput MTQ ke-26.
    “MTQ tingkat nasional ke-26 ini sekaligus momentum menjadikan Kelurahan Dasan Agung sebagai basis kegiatan penyambutan masyarakat untuk even MTQ,” katanya. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com