• Di Papua, TNI Layani Kesehatan Door to Door

    0
    Di Papua, TNI Layani Kesehatan Door to Door

    Di Papua, TNI Layani Kesehatan Door to Door

    Papua, jurnalsumatra.com -  Prajurit TNI dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 406/Candra Kusuma, Purbalingga, Jawa Tengah, dibawah pimpinan Letkol Inf Aswin Kartawijaya selaku Komandan Satgas (Dansatgas) yang tengah melaksanakan tugas menjaga perbatasan RI-PNG terutama di Sektor Utara dan Sektor Selatan, tepatnya di Distrik Senggi dan Pegunungan Bintang menggelar Program Anjangsana berupa pelayanan kesehatan secara gratis yang dilakukan secara door to door (dari rumah ke rumah) kepada masyarakat Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (10/2/2016).

    Dansatgas Yonif 406/Candra Kusuma Letkol Inf Aswin Kartawijaya yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan, Prajurit TNI Satgas Yonif 406/Candra Kusuma selain bertugas menjaga pengamanan wilayah perbatasan, mencegah bergesernya patok perbatasan, mencegah kegiatan illegal dan melaksanakan kegiatan teritorial, juga melaksanakan pelayanan kesehatan.

    “Program  layanan kesehatan door to door dilaksanakan setiap hari, dimana tenaga kesehatan yang berada di pos melaksanakan anjangsana ke rumah-rumah warga untuk mengecek apakah ada warga yang sakit, lalu mengobati warga kampung yang sedang sakit tersebut. Tidak hanya itu saja, tenaga kesehatan juga memberikan penyuluhan mengenai pola hidup sehat dan layak kepada setiap warga kampung yang rumahnya didatangi,” tutur Letkol Inf Aswin Kartawijaya.

    Sementara itu, Dokter Satgas Yonif 406/Candra Kusuma Letda Ckm Wiryo yang memimpin pelayanan kesehatan door to door di Kabupaten Keerom menyampaikan bahwa, bila dilihat dari segi kesehatan, secara umum masyarakat disini kurang memahami mengenai pola hidup sehat dan layak. Oleh karena itu, kita (Satgas Yonif 406/Candra Kusuma) ikut bertanggung jawab dalam bidang kesehatan masyarakat dengan melaksanakan pemeriksaan dan penyuluhan.

    “Kegiatan ini merupakan arahan langsung Dansatgas Yonif 406/Candra Kusuma Letkol Inf Aswin Kartawijaya, agar seluruh pos jajaran yang berada dibawahnya untuk melaksanakan program layanan kesehatan, terutama pos-pos di sekitaran kampung yang jauh dari Puskesmas atau Pustu bahkan yang tidak ada Puskesmas atau Pustu sama sekali,” ujar Letda Ckm Wiryo.

    Dalam kesempatan tersebut, Klemens Kasib Mabin dan Sielem Ningdina selaku Sesepuh di Kampung tersebut menyampaikan terima kasih kepada Prajurit TNI Satgas Yonif 406/Candra Kusuma yang telah memberikan bantuan kesehatan dengan mendatangani rumah-rumah warga, dan telah memberikan pengertian kepada warga kampung kami tentang pentingnya pola hidup sehat dan layak. (Puspen TNI).

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com