• DANREM Perintahkan Para Dandim Basmi Pemboman Ikan

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Danrem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Heri Wiranto memerintahkan para Komandan Distrik Militer di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur untuk membasmi aksi pemboman ikan di wilayah perairan provinsi berbasis kepulauan ini.
    “Tugas TNI hanya membantu pihak kepolisian untuk mencegah dan menangkap para pelaku pemboman ikan, karena tindakan tersebut hanya merusak ekosistem dan biota laut,” katanya kepada Antara di Kupang, Sabtu.
    Ia mengatakan akhir-akhir ini di beberapa kabupaten, seperti Flores Timur dan Lembata masih terjadi aksi pemboman ikan yang berakibat pada perusakan ekosistem laut.
    “Saya sudah perintahkan Dandim di kedua Kabupaten tersebut untuk menangkap semua pelakunya. Dan kasusnya harus diusut sampai tuntas dan pelakunya dihukum sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga memberikan efek jera bagi yang lain,” katanya menegaskan.
    Ia menambahkan, pada Rabu (17/2) lalu, TNI yang tergabung dalm Tim Pemburu Pemboman Ikan di Kabupaten Lembata bersama Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, melakukan patroli di wilayah perairan Lembata untuk mencegah aksi pemboman ikan.
    Dalam operasi tersebut, Tim Pemburu Pemboman Ikan mendapatkan salah seorang nelayan, Syukur Kahar (45) bersama anaknya Zakarias (15) sedang membom ikan di perairan Kalikur, Kedang, Kabupaten Lembata.
    “Keberhasilan tersebut berkat kerja sama yang baik antara TNI dan masyarakat. Masyarakatlah yang menyampaikan informasi kepada TNI mengenai aksi pemboman ikan yang dilakukan oleh nelayan-nalayan yang tidak bertanggung jawab  di perairan tersebut,” ujarnya.
    TNI bersama Tim Pemburu Pemboman Ikan Lembata langsung ke sasaran sesuai laporan masyarakat. Namun, tersangka pelaku pemboman melarikan diri.
    “Saya sudah perintahkan agar yang bersangkutan segera ditangkap diproses secara hukum oleh pihak kepolisian,” kata jenderal berbintang satu itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com