• Buruh Laporkan Kapolda Metro Jaya Ke Ombudsman

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Tim Advokasi untuk Buruh dan Rakyat (TABUR) Tolak PP Pengupahan melaporkan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Tito Karnavian ke Ombudsman atas dugaan maladministrasi saat membubarkan aksi buruh pada 30 Oktober 2015.
    “Kami mendesak Ombudsman melakukan investigasi dan mengeluarkan rekomendasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI,” kata Pengabdi Bantuan Hukum LBH Jakarta Wirdan Fauzi melalui siaran pers diterima di Jakarta, Jumat.
    Tim juga mendesak Presiden Joko Widodo memastikan untuk menghentikan setiap bentuk kriminalisasi terhadap buruh, petani, nelayan, warga miskin kota, pegiat antikorupsi yang masih kerap terjadi.
    “Presiden juga perlu membenahi institusi Kepolisian RI agar tidak lagi terjadi praktik kriminalisasi terhadap siapa pun,” ujarnya.
    Selain itu, buruh juga mendesak Jaksa Agung M Prasetyo untuk menghentikan kriminalisasi terhadap 23 orang buruh dari Gerakan Buruh Indonesia, satu mahasiswa dan dua pengabdi bantuan hukum LBH Jakarta yang dilakukan kepolisian.
    Menurut Fauzi, sikap Jaksa Agung sangat berkaitan dengan kewibawaan institusi kejaksaan sebagai penegak hukum dan penjaga keadilan di Indonesia.
    “Kami mengimbau masyarakat sipil Indonesia bersama-sama melawan praktik kotor penegakan hukum dan kriminalisasi,” katanya.  (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com