• Bupati Musi Banyuasin Dorong KUD Ekspansi Usaha

    0

    Musi Banyuaisn, Sumsel, jurnalsumatra.com – Plt Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Beni Hernedi mendorong Koperasi Unit Desa melakukan ekspansi atau perluasan kegiatan usaha.
    “Koperasi Unit Desa (KUD) di kabupaten ini sebagian besar cukup puas dengan menekuni satu kegiatan usaha, padahal berpotensi untuk melakukan ekspansi kegiatan usaha,” kata Beni Hernedi pada acara peresmian gedung kantor KUD Karya Gatra di Desa Loka Jaya, Rabu.

    KUD yang dibentuk di wilayah pedesaan sebagian besar bergerak dalam penyedian kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan kegiatan pertanian.
    Padahal KUD dapat menjadi tiang perekonomian serta mampu berperan aktif untuk memperluas perekonomian skala kecil dan usaha keluarga di desa dengan mengembangkan kegiatan usaha penyalur sarana produksi dan memasarkan hasil pertanian, simpan pinjam, dan pelayanan jasa, katanya.

    Dengan melakukan ekspansi kegiatan usaha seperti yang dilakukan pengurus KUD Karya Gatra diharapkan tujuan akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan bagi petani yang ada wilayah perdesaan, katanya.
    Sementara Ketua KUD Karya Gatra Desa Loka Jaya Sakiran menjelaskan bahwa untuk membentuk koperasi semua orang memiliki kemampuan, namun untuk bertahan dan berkembang menjadi unit ekonomi produktif sangat sulit karena diperlukan kerja keras dan dukungan semua anggota.

    Sebagai gambaran KUD yang dibentuk pada 26 Februari 1994 itu dalam perjalannya sempat mengalami kesulitan dan sempat vakum atau tidak berjalan kegiatan usahanya pada 2006-2011 sehingga dilakukan perbahan konsep usaha dan mampu diaktfkan kembali pada 2012 hingga sekarang.
    KUD Karya Gatra yang dibentuk petani plasma perkebunan kelapa sawit di Desa Loka Jaya itu memilki anggota 500 orang.
    “Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Beni Hernedi yang menyempatkan diri meresmikan gedung KUD serta memberikan arahan dan bimbingan untuk pengembangan koperasi lebih baik lagi,” ujar Sakiran.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com