• Bola Voli – Pemain Asing Proliga Wajib Terdaftar Secara Internasional

    0

    Malang, jurnalsumatra.com – Pemain asing yang memperkuat sejumlah tim bola voli di ajang Pertamina Proliga 2016 diwajibkan terdaftar sebagai pemain profesional secara internasional untuk menghindari pemain “abal-abal” masuk dalam kompetisi itu.
    Direktur Proliga Hanny S Surkatty di Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan regulasi terkait pemain asing dalam Pertamina Proliga 2016 memang diperketat, tujuannya memberi bobot kompetisi, sehingga persaingan antarpemain sangat bagus, khususnya bagi pemain muda nasional.
    “Komposisi juga kita atur, seperti pembatasan pemain asing di setiap tim dengan jumlah hanya dua orang, tujuannya memberi kesempatan kepada pemain muda kita untuk berkembang,” katanya.
    Ia mengakui, regulasi yang diterapkan memang merupakan regulasi lama, namun pengecekan asal pemain tetap dilakukan terus dengan koordinasi persatuan bola voli internasional.
    “Jadi setiap ada pemain masuk, khususnya pemain asing, kita berkoordinasi dengan persatuan bola voli internasional, dan mereka juga akan mengirimkan surat rekomendasi tersebut,” katanya.
    Tujuannya, untuk memicu prestasi pemain muda nasional, sehingga keberadaan “International Transfer Certifitate” (ITC) dan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) bagi pemain asing sangatlah wajib.
    Sementara itu, Pertamina Proliga 2016 diikuti enam tim putra dan lima tim putri, serta hampir setiap tim memiliki pemain asing dari sejumlah negara-negara olimpiade, seperti Tiongkok dan Amerika.
    Sebut saja tim Jakarta Pertamina Energi yang diperkuat Logan Tom dan Marianne Steinbrecher, tim Jakarta Elektrik yang diperkuat Wang Yimei dan Zhang Lei asal Tiongkok.
    Selain itu, tim Petrokimia Gresik yang mendatangkan Alaina Bergsma, yang merupakan pemain USA sekaligus Miss Oregon 2012.
    Total uang pembinaan yang diperebutkan dalam Pertamina Proliga 2016 sebesar Rp1 miliar dan digelar secara berseri di beberapa kota, seperti saat ini yang sedang berlangsung di Kota Malang, kemudian Gresik, Probolinggo, Solo, Jakarta, dan Palembang.
    Untuk babak empat besar akan digelar di Bandung dan Yogyakarta, sedangkan babak Grand Final digelar di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta pada 15 Mei 2016.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com