• BERANDA – 3.960 Hektare Lahan Petani Bondowoso Dilindungi Asuransi

    0

    Bondowoso, jurnalsumatra.com – Para petani di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, memperoleh perlindungan dari Kementerian Pertanian lewat program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang areal lahannya mencapai 3.960 hektare.
    Kepala Bidang Pertanian (Kabid) pada Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso Winarto di Bondowoso, Selasa menjelaskan sebetulnya lahan yang mendapatkan asuransi untuk melindungi petani saat gagal panen itu mencapai 4.000 hektare, namun terdapat 40 hektare gagal karena saat pembayaran premi terlambat.
    “Karena itu hanya 3.960 hektare yang tertangani dan awalnya Kabupaten Bondowoso hanya mendapatkan jatah asuransi 2.000 hektare, tapi karena di pusat ada sisa anggaran jadinya kami kebagian 4.000 hektare,” katanya.
    Ia juga memaparkan, progran AUTP dari Kementerian Pertanian, yang menggandeng PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) ini sebetulnya setiap petani diwajibkan membayar premi asuransi sebesar Rp180.000 per hektare.
    “Namun lewat program ini petani hanya membayar premi 20 persen saja atau setara Rp36.000, setiap kali panen, dan sisanya 80 persen dibayar oleh pemerintah,” katanya.
    Jika petani gagal panen akibat kekeringan, bencana banjir maupun akibat serangan hama, katanya, petani akan mendapatkan Rp6.000.000 per hektare dari asuransi. Jumlah itu dinilai sudah cukup bagi petani untuk bisa bercocok tanam lagi pada musim tanam berikutnya.
    Winarto menambahkan dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bondowoso, wilayah yang mendapatkan asuransi pertanian berada di Kecamatan Grujugan, Maesan, Pujer, Wringin, Tlogosari, Taman Krocok, Tapen, Pakem, Cerme, Tegal Ampel, dan Kecamatan Binakal.
    Menurut dia, para petani yang mendapatkan program AUTP ini, sejak Desember 2015 sudah mulai tanam dan diperkirakan akan panen pada Maret hingga April 2016.
    “Dari 30.080 hektare lahan pertanian produktif Kabupaten Bondowoso, untuk sementara baru 3.960 hektare mendapatkan asuransi. Jika petani lain ingin ikut asuransi langsung mendaftar kepada PT Jasindo. Kami masih akan mengoordinasikan lebih lanjut,” kata Winarto.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com