• BC Dumai Sita 275 Karung Pakaian Bekas

    0

         Dumai, Riau, jurnalsumatra.com – Aparat Bea Cukai gabungan di Dumai  menyita 275 karung pakaian bekas asal Port Klang Malaysia di Perairan Kuala Sungai Kemeli, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, a Sabtu (30/1).
    Kepala Sub Seksi Layanan Informasi Bea Cukai Madya Pabean Dumai Sis Martoyo di Dumai, Senin, menyebutkan upaya tegah masuk barang terlarang ini dilakukan tim gabungan P2 Kantor Wilayah Sumatera Barat dan Riau di perairan Dumai.
    “Ratusan karung pakaian bekas ini diamankan di atas kapal motor Pacut Maju S.20 nomor 652 pada Sabtu sore pekan lalu dan barang bukti disita untuk kepentingan proses lebih lanjut,” kata dia.
    Dia menjelaskan dari tangkapan pakaian bekas yang membahayakan kesehatan ini, petugas hanya mengamankan dua anak buah kapal untuk dimintai keterangan terkait asal barang dan pemilik.
    Pakaian bekas yang dilarang masuk berdasarkan Permendag nomor 48 tahun 2015 tentang ketentuan umum di bidang impor ini berpotensi merugikan negara namun belum dilakukan penghitungan.
    “Tangkapan ratusan karung pakaian bekas ini bermula dari informasi masyarakat dan saat kejadian tidak ada nakhoda, hanya dua anak buah kapal yang turut diamankan untuk dimintai keterangan,” jelasnya.
    Kapal yang membawa pakaian bekas tersebut kini diamankan di Dermaga Pokala milik BC Dumai di kawasan Pelindo Dumai untuk pemeriksaan lebih lanjut petugas.
    Pemasukan barang pakaian bekas ini jelas melanggar Pasal 102 point A UU nomor 10 tahun 1995 jo UU nomor 17 tahun 2006 tentang kepabeanan, serta Permendag tentang ketentuan umum bidang impor.
    Upaya pencegahan masuknya barang bekas asal luar negeri tersebut, Bea Cukai kedepan akan melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat, terutama sopir armada angkutan agar memahami sanksi jika membawa barang impor ilegal.
    Sebelumnya, pada Kamis 28 Januari 2016 pekan lalu, Bea Cukai Dumai juga menyita muatan 49 ton bawang tanpa dokumen di Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis diangkut menggunakan tujuh armada truk di kawasan Jalan Lintas Dumai-Pakning.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com