• Bank Penyalur KUR Ditambah Untuk Mempercepat Penyaluran

    0

          Solo, jurnalsumatra.com – Pemerintah menambah bank untuk mempercepat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari semula tujuh bank menjadi 19 bank.
    “Dalam Rapat Komite Kebijakan KUR maka tahun 2016 ini akan ditambah lagi 12 bank penyalur KUR, sehingga direncanakan dalam waktu dekat terdapat 19 bank penyalur KUR,” kata Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo disela-sela acara Percepatan Penyaluran KUR 2016 dan Pengembangan Kewirausahaan di Solo, Kamis.

          Ketujuh bank yang ditunjuk menyalurkan KUR yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, BPD Kalbar, BPD NTT, Bank Baybank dan Bank Sinarmas.
    Namun Braman tidak menyebutkan nama ke-12 bank yang akan bisa menyalurkan KUR dalam waktu dekat.
    Sementara itu, dalam rangka mendorong percepatan realisasi penyaluran KUR, pemerintah melakukan berbagai upaya antara lain menambah bank penyalur KUR, menambah perusahaan penjamin KUR, mengikutsertakan lembaga keuangan bukan bank sebagai penyalur KUR dan melakukan sosialisasi penyaluran KUR ke berbagai daerah.

          Tahun 2016 target penyaluran KUR bertambah menjadi sebesar Rp100 triliun di mana pemerintah menurunkan suku bunga KUR dari 12 persen menjadi sembilan persen pertahun.
    Mulai 4 Januari hingga 14 Pebruari 2016 telah disalurkan dana untuk KUR sebesar Rp10,89 triliun kepada 492.380 debitur.
    Braman mengatakan dengan KUR itu pemerintah telah memberikan subsidi bunga sebesar Rp10,5 triliun.
    Melalui subsidi bunga bank itu diharapkan usaha kecil bisa bersaing produknya di pasar dan pada gilirannya bisa meratakan pertumbuhan perekonomian dan banyak menciptakan lapangan kerja.

          Ia mengatakan untuk penyaluran KUR ini juga bisa di lakukan oleh koperasi kepada anggotanya.
    “Sementara ini udah ada dua koperasi yang mengajukan untuk ikut bisa menyalurkan KUR,” katanya.
    Kedua koperasi itu yakni Koperasi Kospin Jasa Pekalongan, Jawa Tengah dan Koperasi Sidogiro Pasuruhan, Jawa Timur, yang sekarang ini sedang diproses.
    “Koperasi di Solo juga bisa kok mengajukan untuk ikut menyalurkan KUR, asalkan semua itu memenuhi aturan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com