• Antisipasi Sampah Sungai, Pemkot Palembang Siapkan Motor Sampah

    0

    sampahPalembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang dibawa kepemimpinan Wali Kota Harnojoyo sangat serius dalam menangani sampah terkait dengan peran kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018 nanti.

    Setiap akhir pekan, warga kelurahan di Palembang diwajibkan untuk bergotong royong membersihkan drainase hingga anak sungai. Belum lama ini, warga membersihkan Sungai Kenduruan Kecamatan Seberang Ulu I yang sudah hampir dua tahun mendangkal akibat tumpukan sampah rumah tangga.

    Kini, aliran sungai yang biasanya mampet lantaran banyaknya sampah sudah mulai lancar. Warna air pun mulai menguning atau tidak lagi menghitam seperti sebelumnya.

    Wali Kota Palembang Harnojoyo pun mengatakan sikap aktif pemerintah dalam mengajak masyarakat untuk peduli pada kebersihan lingkungan berangsur-angsur mulai direspon positif masyarakat.

    “Saat ini warganya sendiri yang berinisiatif bergotong royong setiap pekan. Ini harus didorong terus agar Palembang benar-benar menjadi kota internasional yang layak menjadi tuan rumah Asian Games,” kata dia.

    Bahkan guna mencegah masyarakat kembali mengotori anak sungai, pemerintah Kota Palembang menyiapkan satu unit motor sampah di setiap kelurahan yang padat penduduk.

    Senada di sampaikan Sekretaris Camat Seberang Ulu I Naro Aswari mengatakan, kebersihan anak sungai saat ini menjadi perhatian pemkot sehingga harus dilakukan upaya antisipasi agar warga tidak membuang sampah di sana.

    “Bukan mudah usaha yang dilakukan sebulan terakhir untuk membersihkan anak sungai, jangan sampai lantaran tidak ada yang mengangkut sampah rumah tangga membuat warga kembali membuang ke sungai,” katanya, Senin (15/2).

    Ia mengemukakan, di kecamatannya telah disiagakan sebanyak 15 unit motor sampah bagi delapan kelurahan yang dapat bergerak lincah masuk ke lorong-lorong sempit padat penduduk.

    Petugas yang membawa motor sampah ini akan mengumpulkan sampah dari rumah-rumah warga untuk kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Sementara terdekat.

    “Targetnya jangan ada sampah yang menumpuk, karena jika sudah menumpuk akan mendorong warga kembali membuang sampah ke sungai,” kata dia.(ria)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com