• Anggota Kodim Magelang Jalani Uji Terampil Perorangan

    0

         Magelang, jurnalsumatra.com – Sebanyak 501 anggota Komando Distrik Militer 0705/Magelang menjalani uji terampil perorangan di Lapangan Tentara II Kota Magelang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari pembinaan personel dan pembinaan latihan.
    Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm I Made Gede Antara di Magelang, Rabu, mengatakan UTP selama dua hari itu merupakan program latihan yang bukan sekadar agenda rutin, akan tetapi untuk menguji keterampilan perorangan prajurit berdasarkan materi yang diperoleh dan dilatihkan pada tahap latihan perorangan dasar (latorsar).
    “Sehingga hasil yang dicapai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanan latihan kelompok pada tahap latihan berikutnya, sesuai kalender latihan satuan,” ujarnya.
    Ia memerintahkan peserta UTP menjalani kegiatan tersebut secara serius dan penuh semangat, karena hasilnya menjadi tolok ukur kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
    “Laksanakan dengan serius, ujian ini menjadi tolok ukur kemampuan melaksanakan tugas sehari-hari,” katanya.
    Ia menjelaskan UTP umum untuk menguji para prajurit kodim setempat baik golongan bintara maupun tamtama, dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan pangkatnya.
    Selain itu, katanya, hasil ujian tersebut menjadi data valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan umum dan jabatan, sesuai dengan tingkat keterampilanya.
    “Untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan” katanya.
    Sebelum berlangsung UTP umum itu, para prajurit mengikuti latorsar dengan berbagai materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti teknik tempur dasar, navigasi darat, pertolongan pertama di lapangan, pengetahuan senjata ringan, lima kemampuan teritorial, pembinaan perlawanan wilayah, pembinaan komunikasi sosial, dan ketatalaksanaan pembinaan teritorial.
    Penguji materi adalah para perwira di jajaran Kodim 0705/Magelang, sedangkan materi ujian berdasarkan Buku Petunjuk Penyelenggaraan UTP Umum.
    Ia mengatakan tentang materi tambahan UTP yang berdasarkan berbagai persoalan di wilayah tugas masing-masing, seperti antisipasi penanggulangan bencana, berbicara efektif dalam pidato, dan keterampilan aplikatif lainnya sesuai tantangan tugas yang dihadapi satuan itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com