• Alumnus UNAND Luncurkan Cerpen Tentang Feminisme Radikal

    0

    Padang, jurnalsumatra.com – Alumnus mahasiswa Sastra  Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), M. Ikhsan meluncurkan Buku kumpulan 12 cerita pendek (cerpen) berjudul Lelaki Penjual Cermin yang berisi tentang sifat wanita yang ingin kalahkan pria atau feminisme radikal.
    “Dua cerpen yang berjudul “Bukti Cinta” dan “Pulang” dalam buku tersebut terlihat menjelaskan antara resistensi wanita yang ingin berkuasa dengan hegemoni seorang laki-laki,” kata Pengamat Bahasa Indonesia dari Unand, Dr. Syafril di Padang, Senin.
    Dia menjelaskan meski hanya sebuah cerpen yang tidak memiliki alur secara jelas, dua judul cerpen Bukti Cinta dan Pulang tersebut menegaskan pemahaman demikian.
    Dari cerpen Bukti Cinta, terlihat tokoh wanita dalam cerita melakukan bentuk interaksi sosial atas fenomena resistensi antara feminisme radikal (perempuan ingin menguasai laki-laki) dengan latar belakang historis eksploitasi yang selama ini dialami akibat hegemoni lelaki.
    Hal ini terjadi dengan respon perlawanan balik secara maskulinitas dengan latar belakang posisinya yang selama ini berada di atas (superior).
    Sedangkan cerpen Pulang menegaskan secara sosial, cerpen ini merupakan refleksi perlawanan perempuan l(feminisme) yang tidak saja secara ideologis, tetapi juga secara fisik atas eksploitasi kekuasaan superioritas lelaki.
    “Kedua cerpen memiliki kesamaan yakni menarik pada sisi struktur dan bahasa serta bersifat problematis,” katanya.
    Artinya kata dia, cerita yang dijelaskan merupakan suatu persoalan yang sering muncul saat ini terutama terkait konflik pria dan wanita.
    Secara keseluruhan dua cerpen tersebut memberikan makna bahwa saat ini bukan zaman lagi pria menindas wanita, ucapnya.
    Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand, Eriyanty mengatakan adanya karya sastra yang dihasilkan mahasiswa atau alumni Unand menjadi suatu prestasi institusi dalam menghasilkan penulis handal.
    Sebelum ini telah ada Martga Bella Rahmi yang sukses menulis buku cukup laris dengan judul Manusia Setengah Dewa.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com