• Alokasi Dana Desa NTT 2016 Rp1,8 Triliun

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Pemerintah pusat dalam tahun 2016, mengalolasikan dana desa sebesar Rp1,8 triliun atau mengalami kenaikan lebih dari 100 persen dari tahun 2015 lalu sebesar Rp812,8 miliar.
    “Dana desa tersebut akan didistribusikan untuk 2.950 desa yang tersebar di 21 kabupaten, minus Kota Kupang,” kata Kepala Bidang  Pemerintah Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Nusa Tenggara Timur Frits Wungubelen kepada Antara di Kupang, Selasa, terkait alokasi dana desa 2016 untuk NTT.
    Ia mengatakan alokasi dana desa untuk NTT tahun 2016 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2015.
    “Jika dalam tahun anggaran 2015 NTT hanya mendapat Rp812,89 miliar, dalam tahun ini mengalami peningkatan sampai Rp1,8 triliun dengan sasaran yang sama,” ujar Wungubelen.
    Dana desa ini, kata dia, akan dicairkan dalam tiga tahap yakni tahap pertama pada pekan kedua April, tahap dua pada Agustus dan tahap tiga pada Oktober 2016.
    Menurut dia, besaran alokasi tiap desapun mengalami peningkatan yakni sekitar Rp500 juta perdesa dari sebelumnya antara Rp200-250 juta per desa.
    Namun besarannya alokasi tiap desa tetap mengacu pada empat kriteria yang telah ditetapkan yakni geografis, jumlah penduduk, penduduk miskin dan luasan wilayah.
    “Artinya, besaran alokasi yang diterima tiap desa berbeda karena tergantung pada empat kriteria tersebut,” katanya menjelaskan.
    Dia menambahkan pihaknya sedang berupaya mendorong desa-desa agar segera mempersiapkan program untuk mempercepat menyerapnya anggaran.
    Persiapan lebih awal, kata dia, proses penyerapan anggaran tidak dilakukan terburu-buru, dan bisa menimbulkan persoalan dikemudian hari.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com