• Dishub Kewalahan Atasi Keberadaan Bentor

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Hingga saat ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang hingga saat ini merasa terus kewalahan mengatasi keberadaan becak motor (bentor) yang masih banyak berkeliaran di kota Palembang. Bukan hanya beroperasi di pinggiran kota, keberadaan bentor di jalan-jalan protokol pun sudah semakin sering di temukan.

    Siapapun dapat dengan mudah menemukan kendaraan trandisional yang di modifikasi secara pribadi tersebut di sejumlah jalan protokol dan ruas jalan utama. Meski dapat menjadi salah satu alternatif transportasi. Nyatanya tanpa adanya aturan resmi yang melegalkan bentor, Dishub tetap akan melakukan razia penertiban. Hal ini di sampaikan Kabid Pengawasan, Pengendalian, dan Operasional (Wasdarlop) Dishub Palembang Isranedy, Senin (15/2).

    Isranedy mengatakan, pihaknya secara rutin telah menggelar razia pemertiban bentor di Palembang. Setiap kali razia, pihaknya selalu berhasil mengamankan lalu menyita bentor yang berlalu-lalang di ruas jalan di Palembang. “Terakhir kita razia di kawasan Masjid Lama dan Jl Sudirman. Masing-masing kita mengamankan tiga unit bentor, yang sekarang kita kandangkan di kantor,” ujarnya. Bentor dilarang keras karena transportasi itu dimodifikasi sendiri oleh pemilik, tanpa adanya aturan jelas. Tak ada standar yang ditetapkan pemerintah baik pusat maupun daerah yang dapat dijadikan patokan pelegalan keberadaan bentor.

    Ia menjelaskan, bagi pemilik yang hendak mengambil bentornya, harus membongkar lebih dulu kendaraan tersebut. Bentor harus diubah kembali menjadi dua kendaraan sesuai aslinya, yakni becak tradisional dan motor. Iapun menilai, penggunaan bentor di jalan raya sangat tidak aman. Tak ada standar keselamatan, sehingga masyarakat pun diimbau untuk tak menggunakan jasa bentor. “Kalau mau kendaraannya kembali ya harus dibongkar. Jika tidak, bentor itu tetap harus dikandangkan di Dishub,” tuturnya. (ria)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com