• Yusnin: Desa Mandiri mampu mengelola Keuangannya Sendiri

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Sumsel Yusnin mengatakan untuk mencapai tujuan yang diharapakan oleh pemerintah pusat yakni desa mandiri desa yang mampu mengelola keuangan sendiri.

    Pihaknya akan kembali memberikan pelatihan kepada kapasitas aparatur desa dan aparatur Pemerintah yang terlibat yang belum mengikuti pelatihan di tahun sebelumnya dengan materi yang sama yakni bagamina cara mengelola keuangan yang bersumber dari dana desa.

    Diharapkan dengan adanya otonomi desa, desa mampu mengelola keuangan desanya sendiri dengan memanfaatkan dana desa yang disalurkan pemerintah pusat.

    “Jadi dengan disalurkanya dana desa tersebut, diharapakan proses pembangunan di desa bisa dipercepat sesuai harapan pemerintah pusat, dengan otonomi desa kita harapakan desa mampu mengelola masyarakat desanya untuk lebih maju sehingga bisa memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri secara merata.”Ungkap Yusnin Kepada jurnalsumatra.com Kamis (7/1).

    Selain itu, Ia menambahkan untuk mengelola keuangan dana desa supaya bisa dipahami oleh aparatur terkait, pihakanya akan memberikan kembali pelatihan baik bagi aparatur pemerintahnya maupun aparatur desanya dalam hal mengelola dana desa seperti yang sudah dilakukan di tahun 2015,

    “Untuk tahun ini pelatihan kapasitas aparatur akan diikuti oleh aparatur pemerintah dan aparatur desa yang belum mengikuti pelatihan di tahun 2015 tetapi kita masih menunggu Juknisnya.”Imbuhnya.

    Masih dikatanya, pelatihan ini berdasarkan aturan petunjuk teknis dari pusat harus di ikuti baik dari aparatur pemerintah dari kabupaten/kota dan dari aparatur desanya.

    “Tahun 2015 kapisitas pelatihan pengelolaan keuagan dana desa ini diikuti oleh kasi PMD, kasi Pemerintahan kecamatan, serta kepala desa dan sekertaris desa. Kemungkinan menurut informasi akan ada lagi pelatihan kapasitas aparatur desa dalam mengelola dana desa namun kita masih menunggu juknisnya.”Tutupnya. (Edchan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com