• Warga Sungai Cambai Alergi Air Sungai Tercemar

    0

    Mesuji, Lampung, jurnalsumatra.com – Puluhan warga Desa Sungai Cambai, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, mengalami gata-gatal atau alergi pada kulit yang diduga berasal dari air sungai setempat tercemar limbah pabrik.
    Menurut sejumlah warga Sungai Cambai, Mesuji, Selasa, puluhan orang ditengarai terkena alergi pada kulit yang diduga disebabkan limbah cair yang mengalir di sungai setempat.
    Limbah cair yang menyebabkan alergi kulit itu diduga berasal dari buangan limbah beberapa pabrik yang beroperasi di Kecmatan Mesuji Timur dan sengaja dialirkan ke sungai desa.
    Beberapa warga yang terkena alergi itu mengaku mengalami gatal-gatal setelah mandi di sungai desanya.
    Sebelumnya, menurut mereka, tak pernah warga Desa Sungai Cambai terkena alergi saat mandi di sungai tersebut.
    Salah satu warga yang mengalami gata-gatal setelah mandi di sungai itu, Firman, mengaku mengalaminya setelah mandi di sungai desanya itu.
    Beberapa warga setempat menuding alergi yeng dialami itu disebabkan oleh kondisi air sungai yang telah bercampur zat kimia, sehingga menimbulkan rasa gatal di sekujur tubuh.
    Menurut warga yang terkena alergi itu, awalnya timbul rasa gatal, kemudian muncul bintik merah di badan mereka, usai mandi di sungai itu.
    Air sungai di Desa Sungai Cambai itu berwarna coklat kehitaman serta lengket, bahkan menimbulkan aroma yang kurang sedap. Warga menyatakan tak punya pilihan, mengingat hanya sungai itulah yang dapat digunakan masyarakat untuk kehidupan sehari hari.
    Secara terpisah, Wakil Ketua Komisi C DPRD Mesuji, Taufik Idrus, sangat menyayangkan adanya dampak berupa alergi kulit dialami warga akibat mandi di air sungai di Desa Sungai Cambai itu.
    Pihaknya berjanji akan mengusut tuntas penyebab dugaan pencemaran yang mengakibatkan alergi kulit pada warga sekitar.
    Warga berharap pemerintah daerah melalui Badan Lingkungan Hidup Msuji dapat bertindak tegas kepada manajemen perusahaan yang terbukti mengalirkan limbah ke sungai. Bagi warga desa itu, Sungai Cambai merupakan sumber air bagi warga di daerah itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com