• Wali Kota Manado Instruksikan Periksa Identitas Pendatang

    0

         Manado, jurnalsumatra.com – Penjabat Wali Kota Manado, sulawesi Utara, Royke Roring menginstruksikan camat, lurah dan kepala lingkungan memeriksa identitas setiap pendatang.
    “Saya sudah menyampaikan hal tersebut secara resmi kepada camat sampai kepala lingkungan, sehingga siapa saja pendatang bisa ketahuan identitas dan tujuannya dengan jelas,” kata Roring, di Manado, Sabtu.
    Roring mengatakan, camat harus memimpin lurah dan kepala lingkungan untuk memeriksa rumah-rumah kos, losmen dan tempat-tempat penginapan, dan mendata siapa saja yang datang baik sementara maupun lebih dari satu kali 24 jam.
    Roring juga minta warga Manado, terutama pemilik kos-kosan dan tempat penginapan, termasuk losmen jangan merasa tersinggung atau tidak nyaman jika ada petugas yang memeriksa karena tujuannya adalah untuk kebaikan jangan sampai kecolongan.
    Selain itu, Roring pun mengatakan, wilayah-wilayah perbatasan di Manado, mendapatkan perhatian ekstra seperti Kecamatan Bunaken kepulauan, sebab dikelilingi laut dan bisa saja didatangi oleh orang-orang yang tidak diharapkan.
    “Karena itu, kami terus berkoordinasi dengan Polairud Polda Sulut, agar mengawasi ketat wilayah perbatasan yang berbatasan dengan laut, karena rawan penyusupan,” katanya.
    Roring juga menegaskan, kepala lingkungan, lurah dan camat harus terus mengingatkan seluruh warganya agar aktif melaporkan siapa saja yang datang, dan menanyakan dengan baik darimana asal usulnya, jika memang mencurigakan maka harus diambil tindakan untuk tujuan pencegahan.
    “Jika melihat ada gelagat tidak baik, maka harus segera dilaporkan secara berjenjang sampai ke aparat keamanan sehingga dapat ditindaki dengan cepat, dan tidak merembet ke mana-mana,” katanya.
    Dia mengatakan, pemerintah akan terus menjalankan dan meningkatkan program prokamling, sebab dipandang baik untuk keamanan kota Manado, apalagi dengan adanya ancaman teror bom, maka hal tersebut menunjukan kewaspadaan pemerintah dan masyarakat.
    Roring berharap patroli yang sudah dijalankan dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI di Manado tetap berjalan baik sehingga keamanan kota tetap terjamin meskipun ada ancaman teror.
    “Selain itu, warga juga harus tetap waspada, sebab meskipun ada patroli, dukungan masyarakat sangatlah diharapkan, sebab apa yang dialami di Jakarta, menunjukkan bahwa ancaman tersebut selalu ada, dan tetap harus diwaspadai,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com