• Upah Minimum Lahat Mengacu UMP

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com – Upah minimum provinsi (UMP) 2016 telah disahkan, sebesar Rp 2.206.000, tertanggal 24 November 2015 lalu, hal ini juga diberlakukan bagi Kabupaten Lahat, dikarenakan tidak memiliki dewan pengupahan, bahkan surat keputusan (SK) diteken Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ir H Alex Noerdin SH.

    “Dalam SK No 838/KPTS/Disnakertrans/2015 itu, ditegaskan kalau UMP baru ini diberlakukan per 1 Januari 2016, dam kepada perusahaan yang ada dapat mengikuti sekaligus mematuhinya,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Lahat, Ir H Ismail Hanafi MTP, ditemui wartawan belum lamaini.

    Ia menegaskan, sedangkan untuk upah minimum sektoral (UMS) yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan dari karyawan tersebut, pihaknya masih menunggu kabar resmi dari Provinsi Sumsel.

    “Tentunya akan kita segera layangkan surat pemberitahuan kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Bumi Seganti Setungguan, oleh sebab itu, terlebih dahulu untuk menyesuaikan UMP baru disusul UMS,”tambahnya lagi.

    Nah, sambung Ismail, untuk besaran UMS juga akan disahkan oleh Gubernur Provinsi Sumsel berdasarkan hasil kesepakatan asosiasi pengusaha dan serikat pekerja untuk masing-masing bidang usaha.

    “Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No 78/2015, besaran UMS harus lebih besar dari upah minimun kabupaten/kota (UMK), sementara untuk penetapannya menjadi kewenangan kabupaten/kota,” jelasnya.

    Ismail mengatakan, dengan telah ditetapkan dan disahkannya UMP 2016 ini, pihaknya akan memonitoring masing-masing perusahaan yang ada, agar wajib menjalankannya kepada para karyawan.

    “Sedangkan untuk karyawan, apabila upah yang diterima setiap bulannya tidak sesuai ketetapkan dari Provinsi Sumsel mengenai UMP, jangan ragu-ragau untuk menyampaikannya langsung kepada pihak Disnakertrans, dan kami langsung menindaklanjuti laporan masuk,” janji Ismail.(Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com