• TPID Bali Siapkan Neraca Bahan Makanan 2016

    0

    Denpasar, jurnalsumatra.com- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Bali telah menyiapkan neraca bahan makanan menyangkut komoditas kebutuhan pokok masyarakat yang ditargetkan selesai pada triwulan pertama tahun 2016.
    “Dalam neraca tersebut akan dipetakan jumlah produksi, daerah mana yang memproduksi komoditas itu hingga pola tanam dan waktu panen,” kata Wakil Ketua TPID Bali, Dewi Setyowati di Denpasar, Sabtu.
    Menurut dia, pemetaan terkait jumlah produksi, lokasi hingga menyangkut jadwal panen tersebut akan memudahkan pemerintah dan instansi terkait untuk menindaklanjutinya salah satunya seperti menyalurkan kebutuhan pokok tertentu apabila ada komoditas yang stoknya terbatas di pasaran atau terjadi lonjakan harga.
    “Kalau sudah terpetakan maka Bulog akan gampang masuk ke beberapa kabupaten itu,” imbuh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali itu.
    Sejumlah komoditas yang kerap menyumbang inflasi di antaranya beras, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, ayam dan telor yang akan dipetakan di dalam neraca tersebut.
    Dewi mencatat bahwa inflasi tahun 2016 diperkirakan mencapai empat plus minus satu persen atau lebih tinggi dibandingkan proyeksi inflasi tahun 2015 yang mencapai 2,9 persen.
    “Karena masih ada kekhawatiran terkait kondisi ketersediaan kebutuhan pokok,” ucapnya.
    Inflasi selama 2015 diproyeksi mencapai 2,9 persen yang masih dipengaruhi komoditas yang kerap mengalami gejolak harga di antaranya daging ayam ras, cabe rawit, bawang merah serta kenaikan tarif dasar listrik 900-1.200 juga memengaruhi sedikit inflasi.
    Kenaikan harga tiket angkutan udara, lanjut Dewi, diharapkan tidak dimasukkan dalam komponen hitungan inflasi dan tidak dibebankan pada Desember 2015 mengingat sebagian besar wisatawan yang datang ke Bali membeli tiket dari daerah asal.
    “Hitungan kenaikan harga angkutan udara tidak dibebankan pada Desember 2015 dan mereka juga tidak membeli (tiket) di Bali,” ucapnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com