• Temanggung Dorong Peningkatan SDM Pelaku Usaha Perikanan

    0

         Temanggung, jurnalsumatra.com – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha perikanan di daerah tersebut.
    Kepala Bidang Perikanan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Kabupaten Temanggung, Muhammad Hadi, di Temanggung, Senin, mengatakan pada 2016 ini pihaknya lebih fokus pada peningkatan SDM, baik untuk kelompok pembudidaya ikan maupun kelompok pengolah hasil ikan.
    “Berkaitan dengan berlakunya masyarakat ekonomi ASEAN, kami berusaha meningkatkan SDM para pelaku usaha perikanan,” katanya.
    Ia mengatakan peningkatan SDM tersebut, antara lain melalui pelatihan, magang, dan “work shop”.
    Ia menuturkan pada tahun ini merencanakan mengirim kelompok budi daya ikan magang di Kabupaten Sleman Yogyakarta dan untuk kelompok pengolah hasil ikan magang di Kabupaten Boyolali.
    “Kami juga merencanakan mengadakan pelatihan pembuatan pakan ikan, untuk menekan biaya produksi, karena harga pakan ikan buatan pabrik harganya cukup mahal,” katanya.
    Ia mengatakan untuk meningkatkan produksi ikan, pihaknya melakukan pengadaan bantuan induk ikan unggul untuk sejumlah kelompok usaha pembenihan rakyat.
    “Pengadaan bantuan induk unggul ini biasanya melalui provinsi atau pusat. Pengadaan induk ini kami sesuaikan dengan besarnya permintaan benih di masyarakat, yakni berupa ikan lele dan nila,” katanya.
    Ia menyebutkan bantuan paket induk ikan, biasanya untuk ikan lele terdiri atas 15 ekor (jantan 5 ekor dan betina 10 ekor) dan untuk ikan nila 400 ekor (300 betina dan 10 jantan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com