• Tahun ini dana desa Sekitar 700 Juta/desa

    0
    Yusnin

    Yusnin

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Sumsel Yusnin mengatakan hingga kini pihaknya secara resmi belum mengetahui dan menerima secara pasti berapa rincian dana desa yang bakal disalurkan pemerintah pusat di tahun 2016 untuk Provinsi Sumsel.

    “Kita belum menerima laporan secara tertulis berapa yang bakal di salurkan, namun informasi yang kita dapat secara lisan dana desa tahun ini bakal diterima dua kalipat dari tahun 2015.”Ungkap Yusnin kepada jurnalsumatra.com, Rabu (6/1).

    Dikatakannya, untuk tahun 2015 dana desa yang diterima dari pusat sebesar 775 milyar, namun menurut informasi tahun ini dana desa yang disalurkan jumlahnya lebih besar dari tahun sebelumnya.

    Ia menjelaskan, untuk pembagianya, jika tahun sebelumnya hanya sekitar 300 juta, kemungkinan tahun ini pembagianya, sekitar 700 juta/desa.

    “Mungkin dalam waktu dekatla dana itu disalurkan, saya dengar sudah ketok palu dua kalipat sudah bisa kita pastikanlah dana yang bakal disalurkan.”Imbuhnya.

    Sementara, untuk tahun ini, ada penambahan jumlah desa, tahun lalu desa yang mendapatkan ada sekitar 2817 desa, tahun lalu ada desa yang tidak mendapatkan dana desa ini. Namun pihaknya berusaha tahun ini semua desa mendapatkan dana tersebut secara merata.

    “tahun ini ada penambahan jumlah desa yang bakal ditambahkan untuk menerima dana desa ini ada sekitar 40 desa.Namun kita masih menunggu permendagrinya.kita harapkan dana ini semua desa bisa mendapatkanya.
    40 desa yang kita usulkan ini belum masuk dalam pembahasan yang sudah ketok palu, kita usulkan nanti tinggal menunggu permandgrinya.”Terangnya.

    Ia menambahkan, untuk tahun lalu kita sudah melakukan pelatihan kepada sejumlah aparatur desa dan pihak kecamatan dan kelurahan, untuk tahun ini kemungkinan akan diadakan kembali pelatihan aparatur desa mengenai pengelolaan dana desa ini bagi yang belum mengikutinya.

    “Akan kita lakukan pelatihan ini, karena pemerintah pusat menargetkan minimal 10 orang yang harus dilatih,sehingga dalam pelaksanaanya dana desa ini bisa dikelola dengan baik.”Jelasnya.

    Lanjutnya,ia menegaskan penyaluran dana desa Untuk tahun 2015 hingga tahap ketiga sudah masuk kas daerah.Namun Untuk pencairan dana tahun ini, pihaknya belum ada atau belum mendapatkan petunjuk secara teknis bagaimana cara pencairanya.

    “jika semua sudah ketuk palu biasanya baru ada petunjuknya, berapa jumlah dana yang disalurkan untuk berapa desa, bagaimana teknis penyaluranya.Provinsi hanya menerima data secara keseluruhanya.”Ucapnya.

    Ia menjelaskan untuk pembagian dana desa tersebut, semua akan dibagi melalui pemerintah kabupaten kota.

    “Kita harapakan tujuan di salurkanya dana ini supaya desa bisa lebih mandiri untuk membangun desa, karena desa saat ini sudah otonomi, jadi desa harus mengelola dana desa ini sendiri tanpa melibatkan pihak lain untuk membangun desa,jadi jika desa bisa mandiri maka desa bisa mencerdaskan masyarakat desanya sendiri.”Tutupnya (Edchan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com