• Satpam Di Mamuju Diminta Tingkatkan Kinerja

    0

    Mamuju, jurnalsumatra.com – Jajaran Satuan Pengamanan (Satpam) di wilayah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, diminta untuk bisa meningkatkan kinerja yang lebih profesional.
    Hal ini disampaikan penjabat Bupati Mamuju, Ir. Bebas Manggazali saat menjadi pembina upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Satpan ke 35 di Mamuju, Sabtu.
    Menurutnya, kinerja Satpam mesti ditingkatkan lagi seiring pemberlakukan masuknya masyarakat ekonomi asean (MEA).
    “Ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Sebab, MEA akan memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada investor, baik asing maupun dalam negeri untuk menanamkan modalnya. Hal ini juga diinilai menjadi potensi ancaman, karena dapat menimbulkan berbagai potensi ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelas Bebas.
    Ia menyebutkan, keberadaan kepolisian dinilai tidak akan efektif jika tidak mendapat dukungan masyarakat. Polisi dipandang masih membutuhkan peran aktif masyarakat termasuk satuan pengamanan, atau satpam.
    Untuk itu, pada momentum peringatan HUT Satpam ini maka diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja para anggota Satpam.
    Bahkan, Satpam diminta terus meningkatkan sinergitas dengan kepolisian sebagai pembina organisasi Satpam.
    “Selama ini, Satpam telah memberikan kontribusi dalam menciptakan keamanan di daerah. Bahkan, Satpam juga telah berpartisipasi dalam penaganan di Pilkada Mamuju. Meski demikian, masih dibuttuhkan koordinasi yang baik lagi kedepan, agar kehadiran satpam betul-betul dapat bermanfaat di masyarakat,” ujar Bebas Manggasali.
    Kapolres Mamuju AKBP Eko Wagiyanto mengatakan, kepolisiian sangat menyadari beban dan tugasnya semakin berat ke depan.
    Untuk itu, Satpam terus diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemeliharaan kantibmas. Selama ini, Kapolres menilai satpam dinilai telah memberikan kontribusi maksimal dalam membantu tugas kepolisian, namun masih perlu ditingkatkan.
    “Kami memberikan pelatihan setiap bulan kepada Satpam, agar ketrampilan mereka dalam membatu tugas kepolisian semakin baik. Penambahan ilmu utamanya kursus spesialisasi di bidang industrial security, utamanya pada tiap jenjang tingkatan seperti, garda pratama, garda madya dan garda utama akan tetap ditingkatkan kedepan,” ucap Kapolres Mamuju AKBP Eko Wagiyanto.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com