• Puskesmas Ngantang Malang Segera Naik Status

    0

        Malang, jurnalsumatra.com – Puskesmas Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, segera berubah status menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) tipe D yang bakal melayani kesehatan warga di wilayah Malang barat.
    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang Abdurrahman, mengatakan, di Malang, Senin, saat ini masih dalam proses persiapan secara administratif.
    “Mudah-mudahan segera tuntas, termasuk izin kenaikan statusnya menjadi RSU, meski sebenarnya Puskesmas Ngantang juga sudah melayani pasien rawat inap,” ujarnya.
    Wilayah Malang barat, seperti Kecamatan Pujon, Ngantang, dan Kasembon, jauh dari pusat Kabupaten Malang, bahkan juga jauh dari rumah sakit, sehingga Puskesmas Ngantang yang bakal menjadi RSU itu akan menjadi rujukan, sehingga warga di wilayah Malang barat tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit di kota.
    Ia mengemukakan, pembangunan di Kabupaten Malang harus menyentuh warga yang berada di wilayah terjauh sekalipun. Oleh karena itu, kesehatan sebagai pelayanan dasar yang dibutuhkan warga juga harus didekatkan, salah satunya adalah keberadaan rumah sakit.
    Sebenarnya, kata Abdurrahman, seluruh puskesmas di Kabupaten Malang sudah melayani pasien rawat inap, sehingga keberadaan RSU nantinya hanya akan bersifat menjadi rujukan karena puskesmas sudah bisa diandalkan dalam menangani pasien.
    Menyinggung proses kenaikan status Puskesmas Ngantang menjadi RSU tipe D tersebut, Abdurrahman mengatakan masih cukup lama, namun saat ini sudah dimulai. Tahun ini akan dilakukan kajian lebih detail terkait kenaikan status tersebut, yakni meliputi lokasi maupun yang berkaitan dengan pasien.
    Menurut dia, untuk menyiapkan RS tipe D ini, dibutuhkan beberapa kriteria, seperti gedung yang representatif, akses angkutan umum, pelayanan ruang bersalin, serta memiliki kemampuan pelayanan medik paling sedikit dua spesialis dasar dan pelayanan penunjang medik.
    “Kalau spesialis dasar ini harus ada dokter gigi dan dokter untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak. Sedangkan penunjang mediknya, ada laboratorium dan radiologi. Kita akan siapkan semua, kalau sudah siap akan kita luncurkan pengoperasiannya,” kata Abdurrahman.
    Hingga saat ini rumah sakit terdekat dari ketiga kecamatan yang ada di wilayah Malang barat tesrebut adalah RS Baptis, RS Paru (Sanatorium) dan RS Kepolisian (Bhayangkara) yang ada di Kota Batu. Sedangkan untuk mengakses RS di wilayah Kabupaten Malang terlalu jauh karena berada di Singosari, Lawang, dan Kepanjen.
    Selain RS di Kota Batu, RS terdekat lainnya adalah RSSA Malang, RS UMM serta sejumlah rumah sakit bersalin yang ada di wilayah Kota Malang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com