• Pulau Bungkutoko Disiapkan Jadi Kawasan Industri Pelabuhan

    0

    Kendari, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, menyiapkan Pulau Bungkutoko sebagai kawasan industri kepelabuhanan untuk mengopatimalkan investasi sektor jasa di daerah tersebut.
    Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Kamis, mengatakan Pulau Bungkutoko strategis sebagai kawasan industri kepelabuhanan karena berada jauh dari permukinan yang padat penduduk.
    “Pulau Bungkutoko memiliki luas lahan sekitar 2.000 hektare atau memenuhi kebutuhan peruntukan pelabuhan kontainer, pergudangan, industri dan pelabuhan penumpang,” kata Asrun.
    Pemerintah Kota Kendari serius membangun sarana kepelabuhanan       sebagai jawaban atas program strategis nasional yakni tol laut yang memungkinkan di daerah ini.
    Ketua DPRD Kota Kendari Abdul Razak mengatakan pemilihan Pulau Bungkutoko sebagai kawasan industri kepelabuhan tepat karena berada di mulut teluk Kendari dan jauh dari permukiman padat penduduk.
    “Infrastruktur pelabuhan Kendari sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi kompetisi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pelabuhan, perhotelan dan rumah makan sudah siap,” katanya.
    Sedangkan sumber daya manusia, menurut dia, perlu perhatian serius sehingga pencari kerja di daerah ini tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain.
    Kepala PT Pelindo IV (Persero) Kendari Abdul Azis mengatakan pemerintah daerah dan DPRD memiliki komitmen tinggi dalam hal peningkatan sarana industri kepelabuhan.
    “Pelindo sudah dipersilakan menanamkan modalnya di Kendari. Dalam waktu dekat Pelindo merealisasikan pembangunan pelabuhan,” kata Azis.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com