• Pontianak Ajak PNS Tingkatkan Kapasitas Dan Inovasi

    0

    Pontianak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pontianak, mengajak pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot setempat untuk terus meningkatkan kapasitas dan berbagai inovasi dalam hal pelayanan publik di kota itu.
    “Mari kita bersama-sama meningkatkan kinerja meskipun selama ini dinilai sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian dari pusat yang menunjukkan Pemkot sudah menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan berbagai penghargaan,” kata Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kamis.
    Ia menjelaskan, berbagai penghargaan yang telah dicapai tersebut, merupakan apresiasi kepada seluruh staf jajaran Pemkot Pontianak, sehingga tingkatkan terus apa yang telah dilakukan itu, agar apa yang telah dicapai tersebut semakin baik di kemudian hari.
    Dengan berbagai penghargaan yang telah diraih tersebut, lanjutnya, Pemkot bisa menjadi laboratorium tata kelola pemerintahan serta menjadi percontohan bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia. Edi mengajak semua pihak untuk menciptakan Kota Pontianak sebagai kota yang semakin cerdas (smart city) dengan terus berinovasi supaya menjadi lebih cepat dan terdepan.
    “Banyak tamu-tamu dari provins, kabupaten/kota yang datang ke Pontianak untuk studi banding, baik legislatif maupun eksekutif. Ini membuktikan Pontianak sudah menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya,” ungkapnya.
    Edi meminta seluruh jajaran di Pemkot Pontianak supaya menguasai tugas dan fungsi masing-masing berdasarkan peraturan daerah serta menguasai peraturan dan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas.
    Sebab dalam pelaksanaan tugas, sudah ada rambu-rambunya, baik terkait teknis maupun administrasinya. “Sebenarnya paling mudah, kalau bapak ibu ditempatkan di satu posisi, baik yang pejabat maupun staf, kuasai tugas pokok dan fungsi saudara, kuasai peraturan dan perundang-undangan. Saya yakin dengan demikian saudara tidak akan salah langkah,” ujarnya.
    Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Pontianak mengingatkan, agar para PNS tidak terjebak hanya pada rutinitas, tetapi senantiasa menciptakan inovasi-inovasi. Apalagi, saat ini Pemkot sudah mulai melaksanakan program tahun 2016.
    Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) tingkat kelurahan sudah mulai digelar, selanjutnya akan diteruskan tingkat kecamatan dan kota. Meskipun hal itu sudah menjadi rutinitas tahunan namun, ia berharap, pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada di depan mata dan sudah direncanakan agar segera dilaksanakan.
    Dengan akselerasi pembangunan itu, akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di Kota Pontianak, misalnya, perencanaan-perencanaan sudah disiapkan bulan November tahun lalu, sehingga bulan Januari tahun ini sudah bisa dimulai pelelangan.
    “Karena dengan percepat program-program, bisa mempercepat serapan dana APBD, dan hal itu, bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah setempat,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com