• Polres Cianjur Tetapkan Status Siaga 1

    0

        Cianjur, jurnalsumatra.com – Polres Cianjur, Jabar, menetapkan status siaga 1 karena suhu politik memanas dan adanya sejumlah unjuk rasa menyusul gugatan pasangan Suranto-Aldwin Rahardian ke Mahkamah Konstitusi mengenai hasil pilkada.
    “Masih bergulirnya persidangan perkara peselisihan hasil Pilkada Cianjur 2015 di Mahkamah Konstitusi, membuat suhu politik di Cianjur masih terasa panas,” kata Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu pada wartawan, Senin.
    Pihaknya menilai meksipun belum ada keputusan dari MK dan baru penerimaan gugatan, namun nanti setelah ada keputusan baru menjadi perhatian khusus.
    “Apakah MK menolak ataupun mengabulkan gugatan, pasti ada kubu yang merasa dirugikan. Kondisi itulah yang memicu terjadinya konflik,” katanya.
    Sedangkan terkait ancaman aksi unjuk rasa dari kubu relawan pasangan tersebut, polisi  tidak akan menghalang-halangi karena hal tersebut daapat dilakukan semua warga dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998.
    “Semua orang boleh berdemo, asal tahu aturan. Tertib administrasi, tertib melakukan orasi yang sifatnya tidak profokatif, serta tetap menjaga kondusifitas,” katanya.
    Kapolres menyatakan,  pihaknya mengimbau agar warga yang hendak berunjuk rasa menempuh prosedur yang berlaku, yaitu harus melaporkan aksi yang akan dilakukan 3X24 jam sebelum  melakukan aksi.
    Selama ini, kata dia,  pihaknya mendapat anggapan bahwa polisi menghalang-halangi aksi unjuk rasa yang dibubarkan karena tidak mengantongi izin.
    “Kalau tidak berizin, kami masih memberi kesempatan hanya berorasi setelah itu dibubarkan. Intinya mereka harus mengurus izin 3 hari sebelum melakukan aksi agar kami dapat mempersiapkan segala sesuatunya agar aksi tersebut berjalan kondusif,” katanya.
    Sedangkan terkait kasus dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) saat bentrokan antara polisi dan pengujuk rasa beberapa waktu lalu, dia mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyidikan terhadap beberapa orang anggotanya, untuk dimintai keterangan.
    “Kami akan profesional dalam hal ini, semoga ada titik terang,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com