• Petugas Kebersihan Diminati Pencari Kerja Di Kotawaringin Timur

    0

          Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Pekerjaan sebagai petugas kebersihan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, makin menjanjikan sehingga kini banyak pencari kerja di daerah ini yang mengincar peluang kerja ini.
    “Lamaran kerja sebagai petugas kebersihan sampai menumpuk, mungkin ada sampai ratusan. Saya melihatnya positif karena berarti pekerjaan sebagai petugas kebersihan juga menjanjikan,” kata Kepala Dinas Perumahan, Tata Kota dan Kebersihan Kotawaringin Timur, Juanda di Sampit, Sabtu.
    Saat ini ada hampir 400 petugas kebersihan dan 43 petugas pertamanan di Kotawaringin Timur. Mereka dipekerjakan dengan sistem kontrak yang diperbaharui setiap tahun.
    Pekerjaan ini kini cukup diminati karena penghasilannya dibilang lumayan. Mengacu pada Upah Minimum Kabupaten, saat ini gaji petugas kebersihan sekitar Rp 2,1 juta per bulan. Tidak heran jika pelamar bukan hanya dari lulusan Sekolah Menengah Atas, tetapi juga sebagian merupakan sarjana.
    Tugas mereka telah diatur sesuai bagian dan kawasan. Ada yang mengangkut sampah sejak subuh, ada penyapu jalan yang bertugas sejak pagi, serta tugas lainnya yang semuanya diawasi oleh petugas pengawas masing-masing kelompok.
    “Tahun ini perpanjangan kontrak. Kami memang tetap memprioritaskan tenaga kontrak yang ada, tapi tentu tetap melihat hasil evaluasi. Kalau ada yang nakal, maka harus membuat pernyataan dan tiga bulan percobaan. Kalau tetap nakal maka akan diputus kontraknya. Masih banyak kok yang siap menggantikannya,” tegas Juanda.
    Volume sampah di Sampit setiap hari sekitar 623 meter kubik. Jumlahnya cenderung meningkat seiring terus bertambahnya jumlah penduduk. Saat musim buah seperti sekarang, volume sampah biasanya meningkat tajam.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com