• Penanganan Kebakaran Di Natar Terkendala Mobil Damkar

    0

        Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Penanganan kebakaran sebuah pabrik serta gudang penyimpanan makanan ringan chiki di Jalan Raya Desa Bumisari Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (6/1), terkendala keterbatasan mobil pemadaman.
    “Kebakaran itu terjadi pada Rabu kemarin, sekitar pukul 04.00 WIB, dan baru bisa dipadamkan setelah pukul 11.30 WIB,” kata Irwansyah, Koordinator Pemadam Kebakaran Posko Natar, di Lampung Selatan, Kamis.
    Menurut dia, untungnya warga setempat melakukan antisipasi awal sebelum pihaknya tiba di lokasi kejadian, sehingga api tidak menjalar lebih luas.
    “Pemadaman baru bisa dilakukan setelah petugas pemadam kebakaran mengerahkan tiga unit kendaraan pemadaman,” katanya.
    Ia mengakui, kendala utama memang karena keberadaan kendaraan pemadam kebakaran (damkar) di wilayah itu hanya satu unit, sehingga pihaknya meminta bantuan dua unit damkar dari Kota Bandarlampung.
    “Alhamdulillah, akhirnya dapat dipadamkan dan tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut,” kata Irwan.
    Dia menyebutkan, untuk keseluruhan proses pemadaman kebakaran itu membutuhkan sekitar 20 tangki hingga api benar-benar dapat dipadamkan.
    Terkait penyebab terjadi kebakaran, ia menerangkan, kemungkinan karena korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik.
    Warga setempat, Iman (28), mengatakan peristiwa kebakaran itu sempat membuat warga sekitar panik.
    “Saat kejadian kami sedang tidur. Kami bangun melihat api sudah membesar, sehingga membuat panik warga lainnya,” kata dia.
    Takut api merembet, dengan alat seadanya warga berlarian membawa air dicampur deterjen untuk membantu pemadaman api.
    “Gudang yang berisikan bahan plastik yang mudah terbakar membuat api cepat membesar, sehingga membuat warga kesulitan untuk memadamkannya,” kata Imam pula.
    Belum diketahui pasti nilai kerugian akibat kebakaran yang membuat ludes pabrik dan gudang makanan ringan itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com