• Pemprov Kaltara Datangkan Nelayan Jateng Tangkap Ikan

    0

        Bulungan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara  mewacanakan mendatangkan nelayan asal Provinsi Jawa Tengah untuk menangkap ikan di perairan Kaltara yang merupakan perbatasan RI-Malaysia.
    Kabid Perikanan Tangkap DKP Kaltara, Maryoto di Tanjung Selor, Sabtu mengatakan wacana kerja sama tersebut sebagai upaya meningkatkan hasil tangkapan ikan di perairan Kaltara yang masih belum sebanding dengan jumlah nelayan tangkap yang ada di daerah itu.
    Ia memperkirakan hasil tangkapan nelayan setempat baru mencapai 20 persen dari perkiraan semula sehingga membutuhkan bantuan dari nelayan daerah lain untuk meningkatkan tangkapan ikan dimana kemungkinan mendatangkan dua kapal nelayan asal Jawa Tengah.
    Langkah memberikan ruang kepada nelayan-nelayan dari Provinsi Jateng itu sekaligus memberikan pemahaman penangkapan ikan tanpa merusak habitat lainnya di perairan itu kepada nelayan-nelayan kita, terang Maryoto.
    “Jadi kita mau datangkan kapal-kapal nelayan Jateng untuk menangkap ikan di perairan Kaltara supaya hasil tangkapan meningkat,” ujar Maryoto.
    Kapal-kapal asal Jateng nantinya akan dipusatkan pendaratannya di Pulau Bunyu Kabupaten Bulungan dengan harapan memudahkan operasionalnya pada saat melakukan penangkapan di perairan Kaltara.
    Kerjasama ini, lanjut Maryoto, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan setempat dimana kemungkinan hanya mendatangkan dua unit kapal nelayan dari Jateng agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial bagi nelayan di daerah itu.
    Langkah yang dilakukan Pemrpov Kaltara tersebut sebagai antisipasi jika kelak pengunaan GPS (Global Posisition System) telah diterapkan untuk mendeteksi keberadaan ikan di perairan daerah itu.
    Selain itu, Pemprov Kaltara melalui DKP akan menertibkan proses penangkapan ikan dengan memberlakukan zonasi konservasi ikan misalnya jenis ikan nomei yang habitatnya berada di Sungai Sesayap Kabupaten Tana Tidung.
    Jenis ikan ini masih dilarang ditangkap apabila dalam proses perkembangbiakannya kecuali telah migrasi ke laut baru dapat dilakukan penangkapan, kata Maryoto lagi sekaligus menambahkan, jenis ikan tenggiri yang perkembangbiakannya berada di utara Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Pulau Bunyu Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com