• Pemkot Rencana Liburkan UPTK Penyu Dua Hari

    0

    Pariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat  merencanakan meliburkan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Konservasi (UPTK) penyu selama dua hari yakni pada Kamis dan Jumat.
    Kepala Dinas Kelautan (DKP) setempat, Yanrileza di Pariaman, Sabtu mengatakan penutupan Kamis-Jumat tersebut telah diusulkan kepada Wali kota sudah saya sampaikan langsung kepada Wali kota, hal tersebut bertujuan agar penyu-penyu yang ada tidak terlalu stres karena setiap harinya dikunjungi wisatawan,”kata dia.
    Ia meneruskan selama ini UPT Konservsi penyu bisa dikunjungi oleh siapa saja dan juga dibuka setiap harinya. Pemerintah setempat mengkhawatirkan hal itu dapat berdampak buruk bagi hewan yang dilindungi Undang-Undang tersebut.
    Yanrileza menjelaskan selama dua hari diliburkan UPT Konservasi akan dilakukan perawatan secara berkelanjutan sehingga wisatawan yang datang berkunjung bisa menikmati pelayanan yang ada secara maksimal.
    “Untuk membersihkan, menguras, dan mengisi kolam penyu membutuhkan waktu yang cukup lama, maka dari itu selain mempertimbangkan kesehatan hewan kita juga memperhatikan kebersihan lingkungan,”jelasnya.
    Terpisah Kepala UPT Konservasi penyu setempat, Citrha Aditur Bahri, mengatakan pihaknya mendukung langkah untuk meliburkan selama dua hari setiap minggunya.
    “Kita akan dukung langkah tersebut, karena hewan penyu juga butuh ketenangan sehingga perlu diberikan waktu untuk tidak dikunjungi,”katanya.
    Ia menilai konservasi penyu tidak bisa hanya difokuskan kepada kemajuan sektor pariwisata saja juga diperlukan pertimbangan kelangsungan hewan tersebut.
    Citrha menambahkan jika langkah untuk meliburkan selama Kamis-Jumat diterapkan, pemerintah setempat juga harus memberitahukan dan menyosialisasikan kepada masyarakat luas agar tidak merugikan wisatawan yang sudah datang ke sana.
    “Pemberitahuan kepada masyarakat dan wisatawan sangat perlu dilakukan, karena dikhawatirkan wisatawan yang datang dari luar daerah bisa merasa kecewa,”tambahnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com