• Pemkab: pedagang jangan berjualan di luar pasar

    0

    Baturaja, jurnalsumatra.com – Pemkab Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memberi waktu kepada para pedagang hingga 14 Januari mendatang tidak ada lagi yang berjualan di luar pasar yang disediakan pemerintah setempat.

    Batas waktu tersebut terutama para pedagang yang biasa berjualan di badan jalan, kata Kasat Pol PP Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Agus Salim di Baturaja, senin.

    “Jadi pada Jumat, 15 Januari itu tidak ada lagi pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan dagangan mereka di luar gedung pasar atau di badan jalan,” katanya.

    Ia mengatakan sebelumnya mereka sudah melakukan penertiban sehingga area sepanjang pinggiran jalan umum itu sudah rapi, namun sayangnya sekarang ini para pedagang kembali lagi berjualan di pinggir jalan.

    Selanjutnya, setelah mendapat laporan atas ketidaknyamanan masyarakat, pada 18 Desember 2015 mereka sudah memberikan peringatan, disusul peringatan kedua pada 8 Januari 2016.

    “Namun tetap saja meski sudah diberi peringatan, sehingga dijadwalkan pada 13 Januari nanti kita akan buat pengumuman agar pedagang tidak lagi berjualan di luar pasar apalagi di badan jalan. Kita imbau agar berjualan di dalam pasar,” katanya.

    Namun kata dia, jika masih tidak mengindahkan mereka bersama pihak dinas terkait, polri dan TNI akan melakukan penertiban.

    Penertiban itu untuk menegakkan Perda No 7 tahun 2011 tentang pedagang kaki lima dengan sanksi bagi yang melanggar dikenakan kurungan tiga bulan penjara serta denda Rp50 juta.

    Ia menambahkan dalam penertiban nanti akan melakukan secara persuasif agar masyarakat lebih tertib dan kenyamanan pengguna jalan bisa berjalan sebagai mana mestinya tanpa gangguan PKL menjajakan dagangan di badan jalan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com