• PEMKAB Flotim Dukung Pengembangan Energi Listrik Gonsalu

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Bupati Flores Timur, Yoseph Lagadoni Herin, mengatakan, mendukung penuh keinginan konsorsium Belanda untuk mengembangkan potensi energi listrik arus laut Selat Gonsalu di daerah itu.
    “Pemerintah dan rakyat Flores Timur sangat mendukung rencana pengembangan energi listrik arus laut Gonsalu. Pemerintah akan membantu apa saja yang diperlukan investor untuk merealisasikan rencana itu,” kata Yoseph Lagadoni Herin kepada Antara, Senin.
    Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan sikap Pemerintah Kabupaten Flores Timur sehubungan dengan rencana Pemerintah Belanda  untuk memanfaatkan arus Gonsalu, antara Flores Timur daratan dengan Pulau Adonara untuk pembangkit listrik.
    Menurut dia, pemerintah dan rakyat daerah itu akan ikut merasa bangga, jika dapat menyumbangkan listrik untuk kebutuhan masyarakat di luar Flores Timur.
    “Saya juga mendapat laporan bahwa potensi energi listrik dari selat Gonsalu mampu memasok listrik untuk seluruh daratan di Pulau Flores, bahkan NTT. Ini suatu kebanggaan,” katanya.
    Sebuah konsorsium dari Belanda telah menyatakan keinginan untuk melakukan investasi di bidang pengembangan potensi energi listrik arus laut Selat Gonsalu, di Kabupaten Flores Timur.
    “Pemerintah NTT sudah melakukan pertemuan dengan konsorsium di Belanda pada akhir Desember 2015. Tim lengkap dari Belanda akan tiba di NTT pada 1-5 Februari 2016. Tim ini akan meninjau lokasi di Larantuka,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT Andre Koreh.
    Menurut dia, dari hasil survei awal menunjukkan, arus Selat Gonsalu memiliki kekuatan 2,5 meter/detik pada bulan gelap dan 3,5 meter/detik pada bulan terang.
    “Di Indonesia ini ada 12 titik arus yang bisa dijadikan sebagai pembangkit energi listrik, dan Selat Gonsalu merupakan terbaik,” katanya.
    Bahkan para ahli Turbin di Belanda mengatakan, arus Selat Gonsalu mampu menghasilkan listrik 300 Mega Watt, katanya mengutip hasil pertemuan di Belanda.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com