• Pemkab Bondowoso Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

    0

    Bondowoso, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur pada 2016 untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat serta agar bisa segera keluar dari status sebagai salah satu dari empat daerah tertinggal.
    “Kami akan pacu penambahan dan perbaikan infrastruktur, terutama terkait kemudahan akses ekonomi masyarakat sehingga nantinya akan muncul percepatan pertumbuhan ekonomi,” kata Bupati Bondowoso Amin Said Husni ketika ditemui seusai sidang paripurna DPRD penetapan Rapeda ABPD 2016 di Bondowoso, Jawa Timur, Kamis.
    Terkait penyediaan sarana pendukung, Amin juga menginstruksikan kepada para kepala desa untuk menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas utama. Hal itu terkait dengan adanya anggaran pemerintah yang sangat besar ke desa-desa, sehingga berdampak langsung bagi masyarakat.
    Menurut dia, sebetulnya Pemkab Bondowoso sudah menetapkan sejumlah target pembangunan dan sebagian bahkan melampaui target itu. Namun ia menyadari bahwa pemerintah pusat memiliki kriteria sendiri terkait hal itu.
    “Menurut saya ini merupakan alat pemerintah pusat untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah. Ini juga merupakan cara pemerintah pusat untuk memberikan perhatian lebih kepada daerah yang digolongkan tertinggal,” kata mantan anggota DPR RI itu.
    Sementara itu Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir menilai pemerintah daerah harus menggunakan skala prioritas pembangunan agar bisa segera keluar dari status sebagai daerah tertinggal bersama dengan Situbondo, Bangkalan dan Sampang.
    “Kondisi riil di Bondowoso, 70 persen penduduknya adalah masyarakat agraris. Karena itu sektor pertanian harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah daerah. Sektor pertanian harus dipacu sedemikian rupa dengan cara membangun sarana pendukung, seperti irigasi, akses jalan yang bagus sehingga hasil pertanian bisa dijual dengan mudah,” katanya.
    Dengan cara itu, katanya, maka masyarakat Bondowoso yang sebagian besar merupakan petani akan meningkat pendapatannya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com