• Pemdes Bertanggung Jawab Majukan Ekonomi Desa

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com – Sumber daya alam (SDA) yang dinilai belum memberikan dampak bagi kemajuan perekonomian menjadi pekerjaan rumah Pemkab Lahat tahun 2016 ini. Seluruh masyarakat khususnya Pemdes (Pemerintah Desa) dituntut bertanggung jawab penuh dalam melakukan pengelolaan SDA didesanya sehingga perekonomian masyarakat dapat merasakan dampak positifnya.

    Demikianlah ditegaskan Sekda Lahat Nasrun Aswari SE MM pada jurnalsumatra.com, Pemkab Lahat tidak dapat bekerja sendiri karenanya dibutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar SDA yang dimiliki dapat dikelola dengan baik. Perekonomian masyarakat desa harus tumbuh karenanya seluruh Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang ada harus terlibat.

    “Pemkab Lahat mengajak kepada masayarakat disini untuk menanam apa yang dibutuhkan oleh masayarakat, seperti sayur sayuran, peternakan, perikanan hingga menjaga dan mengelola SDA yang ada disetiap desanya,”

    Menurutnya, selama jarak tempuh untuk mengambil barang sering menjadi kendala terhambatnya perekonomian masyarakat, sehingga jika masing-masing desa dapat menghidupkan aktivitas pasar tradisional dengan baik maka dampaknya akan sangat positif.

    “Khususnya pasar, selama ini masyarakat menerapkan pasat kalangan yang hanya ada seminggu sekali, dan kita harapkan aktivitas pasar berlangsung tiap hari,” pungkasnya.

    Sementara itu, M Sangkut (35) salah satu pengurus KTNA kecamatan Kota Agung menuturkan, sangat berterima kasih atas perhatian Pemkab Lahat dalam memajukan perekonomian desa, namun saat ini kendala permodalan masih menjadi permasalahan warga untuk brraktivitas karenanya diharapkan kedepan ada program bantuan usaha permodalan bagi para Poktan.

    “Selama ini bantuan yang diberikan banyak yang berbentuk barang, dan kita berharap tahun ini bantuan dana usaha permodalan dapat lebih ditingkatkan. Tujuannya, agar prekonomian masyarakat dapat lebih berkembang lagi,” harap Sangkut. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com