• Peluang Bupati Pada Pemilukada Gubernur Lebih Besar

    0
    DR Andries Lionardo SIP, MSI

    DR Andries Lionardo SIP, MSI

    Palembang, jurnalsumatra.com – Pengamat Politik Universitas Sriwijaya (Unsri) DR Andries Lionardo SIP, MSI kepada Jurnalsumatra.com mengatakan sudah hal wajar bisa seorang kepala daerah kemudian ingin naik ke posisi yang lebih tinggi. Seorang bupati, walikota ingin menjadi gubernur, begitu juga seorang wakil gubernur bertarung agar mendapatkan posisi gubernur.
    “Dalam konteks politik jauh hari harus siapkan diri. Lakukan manajemen kemenangan. Salah satu poin yaitu melakukan sosialisasi,” kata Andries.
    Nah, dalam rangka hal tersebut kara Andires, figur yang muncul sebenarnya akan terlalu antusias karena ada jabatan politik lebih baik. Program kongkret yag sidah dilakukan seorang yang menjabat kepala daerah, sebagai bupati lebih besar.
    Caranya mereka bisa mennyosialisasikan kberhasilan selama menjabat sebagai kepala daerah. Hal ini jauh lebih konkret dibandingkan melakulan blusukan memperkenalkan diri dari awal siapa dirinya.
    Sebab, dengan blusukan masyarakat akan curiga dengan keberadaannya. “Pasti akan adasaja yang mengatakan ah mau maju baru blusukan. Nah, kalau mereka yang sudah ada jabatan lebih mudah memperkenalkan diri siapa dirinya,” kata Andries.
    Mengenai informasi yang mengatakan Dodi akan maju di Muba kemudian ke Pilgub, hal itu yang wajar. Bila mencontoh Jokowi hal itu bukan hal mustahil. Ketika dua tahun duduk sebagai gubernur DKI, ia maju dipilpres dan berhasil. Di politik lokal, Syahrial Oesman pernah melakukannya pula, belum satu periode menjadi Bupati OKU, ia maju pada pilgub dan berhasil.
    Dodi berpsangan dengan Giri? “Dalam dinamika karier politik itu lumrah.  Dan kalau pun nanti GOLKAR dan PDI PERJUANGAN berkoalisi itu bagian dari strategi politik. Kedua partai tersebut sudah teruji di berbagai era. Kedua partai sangat solid,” katanya.
    Hanya saja ujar Andries satu hal yang harus diperhatikan masyarakat sudah semakin cerdas.Jangan sampai ada cemoohan bila hal tersebut benar terjadi.
    Androes menambahkan, terkait peran partai peluang akan makin besar kata Andries bila yang bersangkutan ketua partai. Dalam perpol i tidak di Indonesia, wajib hukumnya seseorang ya g ingin maju memiliki partai, apalagi menjadi ketua partai. Partai masih mesin politik yang mumpuni dan efektif dalam menjalankan kegiatan politik. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com