• PDAM Palembang Bangun Tiga Instalasi Pengolahan Air

    0

         Palembang, jurnalsumatra.com – Perusahaan Daerah Air Minum Kota Palembang membangun tiga instalasi pengolahan air untuk mendukung sebagai tuan rumah Asian Games ke-8 tahun 2018.
    Direktur PDAM Tirta Musi Cik Mit di Palembang, Kamis mengatakan tiga instalasi pengolahan air (ipa) itu ditempatkan di kawasan Jakabaring, Kertapati, dan Pulokerto.
    “Proses saat ini sudah memasuki tahapan pembuatan Detail Engineering Design (DED), setelah rampung akan dilakukan proses penyediaan lahan,” kata Cik Mit.
    Ia mengemukakan proyek ini langsung dikendalikan pemerintah pusat dengan memanfaatkan dana hibah dari pemerintah Australia senilai Rp1,2 triliun ini dalam program sanitasi dan penyediaan air bersih.
    “Saat ini Peraturan Presiden-nya sedang digodok karena yang Perpres No 29 tahun 2009 dianggap sudah usang karena melewati batas waktu,” kata dia.
    Ia menjelaskan, semula Palembang tidak masuk dalam program pembuatan ipa baru. Namun, berdasarkan laporan neraca air tahun 2014 diketahui bahwa kebutuhan terhadap ipa sudah sangat mendesak bagi Kota Palembang.
    Hal ini juga didorong karena Palembang menjadi tuan rumah Asian Games yang bakal diikuti 45 negara Asia.
    “Untuk mencapai target selesai sebelum Asian Games, sembari menunggu keluarnya Perpres yang baru ini DED untuk tiga proyek ipa sedang dikerjakan,” kata dia.
    Palembang menjadi tuan rumah Asian Games bersama Jakarta sejak 2015 gencar membangun infrastruktur.
    Saat ini sedang dilakukan pekerjaan kontruksi untuk jalur kereta api cepat (LRT), tiga ruas jalan tol, rumah sakit daerah berstandar internasional, Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, wisma atlet di Jakabaring.
    Dalam waktu dekat kembali dibangun instalasi pengolahan air di  sejumlah rumah sakit, jembatan layang, dan underpass.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com