• Papua – Pemprov Gandeng Perguruan Tinggi Siapkan Pariwisata Pegaf

    0

         Manokwari, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat, menggandeng seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Manokwari untuk menyiapkan pariwisata di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf).
    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Provinsi Papua Barat, Edi Sumarwanto di Manokwari, Senin, mengatakan kerjasama pemerintah provinsi dan perguruan tinggi ini, dilakukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di daerah tersebut.
    Terkait rencana itu, lanjutnya, mahasiswa akan terlibat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di wilayah pegunungan itu.
    “Banyak hal yang bisa dilakukan, dari perbaikan menejemen pengelolaan usaha di kalangan masyarakat, cara memasak, pengelolaan pertanian termasuk gaya hidup konservasi,” katanya.
    Ia menyebutkan, rencana itu merupakan program dinas pariwisata di tahun anggaran 2016. Ia berharap, program ini berlanjut tahun anggaran berikutnya.
    “Kami sudah rapat bersama seluruh perguruan tinggi di Manokwari. Program ini akan dilakukan di setiap jurusan,” ujarnya.
    Pada pelaksanaanya nanti, mahasiswa akan diseleksi. Edi ingin, mahasiswa yang terlibat dalam KKN tematik ini, benar-benar mahasiswa yang memiliki kecakapan dari sisi pemahaman teoritis maupun skill.
    “Untuk guide atau pemandu wisata, perlu kursus, kita akan melaksanakan program kursus bagi guide. Program ini sudah kami lakukan tahun lalu,” katanya.
    Ia menambahkan, Pegunungan Arfak memiliki potensi pariwisata yang cukup tinggi. Selain danau, di daerah tersebut terdapat potensi flora dan fauna yang melimpah.
    “Potensi yang dapat dikembangkan untuk menggerakan perekonomian di Pegaf, hanya pertanian dan pariwisata. Topografi daerah ini pegunungan, jika salah kelola akan hancur,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com