• PANSUS I DPRD Fokus Perhatikan Nasib Nelayan

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com- Panitia khusus (Pansus) I DPRD Kota Ternate, akan fokus memberikan perhatian dalam membahas Ranperda tentang perubahan atas Perda tentang pemakaian Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai tanggung jawab memperjuangkan nasib nelayan.
    Ketua pansus I DPRD Kota Ternate, Zainal H. Hasan di Ternate, Jumat, mengatakan, Pansus tetap mempertimbangkan kepentingan nelayan saat membahas Ranperda tentang perubahan atas Perda nomor 19 tahun 2011 tentang pemakaian Tempat Pelelangan Ikan(TPI).
    “Kami memperhatikan nasib nelayan agar mereka tidak mengalami kerugian dalam penerapan Perda ini. Apalagi Ternate memiliki laut yang luas dan sebagian besar penduduk di daerah pesisir merupakan nelayan,” ujarnya.
    Pemkot Ternate memberikan perhatian besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat pesisir, apalagi sebagian besar para nelayan di daerah ini masih menggantungkan hidupnya di laut.
    Menurut Zainal, Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan mengeluarkan edaran nomor B.636/MEN-KP/XI/09 tentang Penghapusan Retribusi dan Pungutan Hasil Perikanan dalam rangka Meningkatkan Usaha Nelayan.
    Salah satu alasan penghapusan karena berbagai jenis pungutan dan retribusi yang berlangsung di pelabuhan perikanan dapat mengurangi tingkat pendapatan dan kesejahteraan nelayan, akibatnya produktivitas usaha nelayan rendah.
    Kondisi tersebut mendorong diterbitkan Perda No.19 tahun 2011 tentang Retribusi TPI, karena nelayan di Kota Ternate tidak mendapatkan harga yang layak atas hasil tangkapan dan hal ini menyebabkan nelayan tidak mendapat keuntungan yang dapat menutupi biaya melaut.
    “Kami akan melihat nasib nelayan dan mempertimbangan Ternate yang masih bergantung pada sektor jasa, perdagangan dan kewenangan Pemkot Ternate yang mengatur jenis objek retribusi TPI dalam pembahasan Ranperda tentang perubahan atas Perda nomor 19 tahun 2011 tentang pemakaian TPI,” kata Zainal.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com