• Pagar Rumah Warga Mataram Tergerus Banjir

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Fondasi pagar tembok warga di Lingkungan Pengempel, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, tergerus sepanjang 10 meter akibat banjir pada Sabtu (16/1).
    Kepala Badan Pelaksana BPBD Kota Mataram H Supardi di Mataram, Senin, mengatakan fondasi pagar tembok warga di Lingkungan Pengempel itu tergerus karena berada di [erbatasan Kali Ancar.
    “Rumah itu milik H Subari yang ditempati bersama keluarganya dan hanya satu kepala keluarga,” katanya.
    Akan tetapi, katanya, Subari dan keluarganya hingga saat ini tidak diungsikan dan tetap menempati rumah mereka, sebab fondasi pagar tembok yang tergerus itu berada di bagian belakang rumahnya.
    Meski demikian, katanya, hal ini harus tetap menjadi perhatian pemerintah untuk membantu perbaikan guna mengantisipasi agar air Kali Ancar tidak semakin menggerus fondasi pagar tersebut.
    Apalagi jika hujan terus mengguyur Kota Mataram tentu akan semakin mengkhawatirkan bagi keluarga Subari.
    “Bantuan talud sementara dengan menggunakan karung berisi pasir sudah kita berikan, sementara bantuan materil lainnya belum dapat kami serahkan karena keterbatasan anggaran,” katanya.
    Menurutnya, H Subari sebelumnya telah mengusulkan bantuan berupa besi untuk membangun kembali fondasi pagar tembok rumahnya, akan tetapi BPBD Kota Mataram belum bisa merealisasikannya.
    “Kami akan mencoba mencari bantuan dari pihak-pihak terkait dan pihak swasta, agar fondansi rumah korban bisa segera terbagun dan mereka tidak khawatir ketika terjadi hujan susulan,” ujarnya.
    Ia mengatakan, tergerusnya fondasi rumah milik Subari itu disebabkan tingginya volume air yang mengalir di Kali Ancar belum lagi sampah kiriman dari hulu saat hujan lebat pada Sabtu (16/1) siang.
    Selain menggerus fondasi pagar tembok  Subari sepanjang 10 meter, akibat hujan deras`akhir pekan lalu juga menyebabkan sebanyak 419 rumah kepala keluarga terendam air yang saat ini telah ditangani melalui bantuan pengurangan risiko.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com