• NU: PERS Jembatan Masyarakat Berikan Kritik

    0

    Bogor, jurnalsumatra.com – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Bogor Dr Ifan Haryanto, M.Sc menyatakan, pers dapat menjadi jembatan masyarakat untuk memberikan kritik, masukan, serta saran kepada pemerintah agar proses pembangunan berjalan lebih baik lagi.
    “Kritik, masukan dan saran itu juga penting selain pers berperan memberitakan informasi kepada publik tentang proses pembangunan dan kegiatan pemerintah dalam melayani masyarakat,” katanya di Bogor, Jawa Barat, Selasa.
    Ketika berbicara pada “Pelatihan Penguatan Kapasitas Jurnalis dan Wacana Jurnalisme Positif” yang digagas LKBN-Antara, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bogor, dan PT Indocement Tunggal Prakarsa (Tbk), ia menegaskan, tidak dipungkiri pers memiliki peran yang penting di dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.
    Ia mengemukakan di Indonesia pasca-gerakan reformasi 98, pers menjadi semakin matang menjadi salah satu kekuatan yang menentukan arah angin politik, ekonomi, sosial-budaya dan berbagai isu kehidupan berbangsa dan bernegara lainnya.
    Disadari atau tidak, kata dia, kebebasan pers ibarat pisau bermata dua.
    “Di satu sisi memberikan manfaat baik, namun di sisi lain dapat berpotensi menjadi potensi konflik yang membawa kerentanan politik, sosial dan budaya,” kata alumni Teknik Planologi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Intitut Teknologi Bandung (ITB), yang menyelesaikan Master (S2) pada Economic Development and Policy, School of Public Policy, The University of Birmingham, Inggris itu.
    Ia juga menegaskan bahwa agar keutuhan bangsa dan negara dapat terjaga perlu adanya konsensus bersama bahwa praktik jurnalisme yang dikembangkan di Indonesia adalah praktik jurnalisme positif yang menjunjung tinggi kesepakatan bersama untuk menjaga keutuhan NKRI.
    Hal ini, kata dia, mengingat bahwa di Indonesia pascareformasi kebanjiran paham-paham transnasional yang masuk ke berbagai kehidupan sendir, berbangsa dan bernegara.
    “Yang mana paham tersebut tidak cocok dengan konsep NKRI, dan mengancam keutuhan Tanah Air,” kata doktor lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan pegiat Pengurus Cabang Istimewa (PCI) NU kawasan Inggris Raya saat studi di Britania itu.
    Menurut dia perlu disadari bersama bahwa pers juga perlu memberikan kontribusi positif bagi keutuhan bangsa.
    Untuk itu, sangat penting adanya proses peningkatan kapasitas dan komitmen pers di Tanah Air agar dapat menjadi benteng masuknya paham transnasional dan ekstrimisme yang mengancam keutuhan NKRI, demikian Ifan Haryanto.
    Sementara itu Manajer Daerah LKBN-Antara Ir Budi Santoso menjelaskan bahwa sebagai kantor berita negara, pemberitaan Antara mendapat tugas dari pemerintah melalui berita kewajiban pelayanan publik (public sewrvice obligation/PSO) untuk informasi publik bidang pers melalui Kemenkominfo.
    Dalam kaitan PSO itu, berita yang dibuat mengusung unsur-unsur “educating” (mendidik), “enlightening” (mencerahkan), “empowering” (memberdayakan), dan “nationalism” (kebangsaan/NKRI) atau 3E1N.
    “Unsur 3E1N itu adalah kandungan pelengkap dari kaidah jurnalistik umum yang berunsur 5W1H (who, what, where, when, why dan who),” katanya.
    Pada kegiatan pelatihan jurnalis itu Senior Officer Corporate Communication Indocement, Rizky Dinihari, yang mewakili Sekretaris Perusahaan Pramusakti Kusdihardjo menilai bahwa dengan kian dinamisnya kehidupan pers meniscayakan perlunya peningkatan dan penguatan kapasitas wartawan.
    “Tentu saja, kami sangat mendukung kegiatan semacam ini karena akan sangat bermanfaat untuk terus meningkatkan profesionalisme kawan-kawan wartawan,” katanya.
    Sedangkan Kepala Biro Penyangga Jakarta LKBN-Antara Moh Toha Maksun menambahkan bahwa kegiatan pelatihan itu digagas guna mengisi HUT LKBN-Antara ke-78.
    “Kami akan terus menerus mengasah dan meningkatkan kemampuan profesional wartawan kami, dan pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas semacam ini akan coba kami buat seperiodik mungkin,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com