• MK Tolak Gugatan Pasangan Muslim-Fauzi

    0

    Padang, jurnalsumatra.com – Mahkamah Konstitusi menolak gugatan sengketa pemilu kepala daerah (Pilkada) yang diajukan pasangan calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Muslim Kasim-Fauzi Bahar pada sidang yang digelar di Jakarta, Jumat.
    Ketua KPU Sumbar Amnasmen di Padang mengatakan, MK menolak gugatan pasangan Muslim Kasim-Fauzi Bahar dan menerima eksepsi yang diajukan pihaknya selaku tergugat.
    Ia menjelaskan dalam gugatannya, pasangan Muslim-Fauzi meminta MK untuk menyatakan pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit tidak memenuhi syarat sebagai calon gubernur Sumbar 2015, dan mendiskualifikasi pasangan tersebut karena diduga melanggar sejumlah aturan.
    Melalui kuasa hukum, pasangan Muslim-Fauzi juga meminta MK membatalkan keputusan KPU Sumbar tentang penetapan rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Sumbar dan menetapkan Muslim Kasin-Fauzi Bahar sebagai gubernur terpilih, kata dia.
    Dalam salinan putusan MK nomor 26/PHP.GUB-XIV/2016, KPU Sumbar selaku pihak tergugat menyatakan pasangan Muslim-Fauzi selaku penggugat tidak memiliki “legal standing” atau kedudukan hukum untuk mengajukan gugatan karena tidak mengurai kesalahan penghitungan suara.
    Dalam gugatannya pasangan Muslim-Fauzi lebih fokus pada gugatan proses yang bukan kewenangan MK seperti dugaan ijazah palsu dan melantik pejabat enam bulan sebelum masa jabatan berakhir, ucapnya.
    Selain itu berdasarkan aturan, MK hanya berwenang mengadili sengketa pilkada dengan selisih suara dua persen, sementara berdasarkan penghitungan selisih suara diantara kedua pasang calon mencapai 29 persen, ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com