• Mensos: Pemulangan Eks Gafatar Diupayakan Dengan Hercules

    0

         Pontianak, jurnalsumatra.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pemulangan sejumlah warga eks ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) akan diupayakan dengan menggunakan pesawat hercules milik TNI sehingga bisa selesai lebih cepat.
    “Kalau kapal memang terbatas armadanya. Kapal hari ini datang tidak bisa langsung jalan,” kata Mensos di Pontianak, Jumat.
    Mensos mengatakan sudah berkomunikasi dengan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan agar bisa menggunakan pesawat Hercules.
    Menurut Khofifah, dinas sosial di beberapa daerah seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta sudah siap menerima para eksanggota  Gafatar.
    “Saya menghitung dinsos di daerah sudah siap, supaya juga beban Pemda Kalbar berkurang kalau memang ada transportasi yang cepat memang itu lebih baik,” katanya.
    Setelah dipulangkan, mereka akan ditampung sementara selama tiga-lima hari di tempat transit untuk diidentifikasi.
    “Dalam waktu tiga-lima hari tetap harus ada konselingnya, trauma healing dan trauma konseling,” tambah dia.
    Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) di daerah tersebut akan memberikan penguatan terkait religiusitas mereka agar kembali ke ajaran yang benar.
    Pada Jumat siang rencananya akan dipulangkan sebanyak 357 eks Gafatar dengan menggunakan KRI Gilimanuk ke Semarang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com